Cara Menurunkan Berat Badan 4 – 6 kg dalam kurun waktu 4 bulan hingga 6 bulan. Salam hormat sobat-sobat seluruhnya yang baik hati. Saya mencoba menulis ulasan mengenai cara mudah dan nyaman bagaimana anda bisa mendapatkan berat badan yang menurun 4 kg hanya dalam waktu 4 bulan. Banyak obat, cara diet, minum jamu yang membuat anda bosan dan nek, karena hasilnya NIHIL alias bohong.

Maukah anda percaya pada saya, saya akan buktikan bahwa hal ini TERBUKTI hasilnya, bukan pepesan kosong. How?

Tentu harus ada upaya anda yang harus berusaha mengekang selera terhadap makanan tertentu yang anda sangat sukai. Ini saja kuncinya, jaga selera nikmat untuk beberapa saat yaitu 4 bulan tidak makan daging sapi. Daging sapi dalam berbagai olahan, misalnya bakso sapi, rendang sapi, soup buntut, steak sapi, sate kelapa sapi, dan berbagai olahan menu lainnya.

Cara Menurunkan Berat Badan

Mengapa ini menjadi hal penting untuk dibahas, dan apa sesungguhnya yang terkandung dalam daging sapi, serta dampaknya dalam menaikkan berat badan. Disinyalir bahwa daging sapi lebih banyak mengandung kholestrol daripada daging kambing.

Asam lemak jenuh merupakan asam lemak yang rantai hidrokarbonnya tidak mempunyai ikatan rangkap, bersifat stabil, tidak mudah teroksidasi dan tidak berubah menjadi asam lemak trans atau senyawa berbahaya lainnya.

Asam lemak jenuh hewani terkandung di dalam daging hewan (daging sapi, keju dan susu) maupun nabati (minyak kelapa dan minyak goreng). Menurut data pemeriksaan kadar kolesterol kambing hanya sekitar 6-36 mg/ons, sedangkan sapi adalah sekitar 45mg/ons. Menurut Depkes daging kambing memiliki sekitar 154 kalori, 9,2 mg lemak dan 3,6 mg lemak jenuh, sedangkan daging sapi mengandung 207 kalori, 14 mg lemak dan 51 mg lemak jenuh.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Mudah

Bandingkan dengan daging babi mengandung 376 kalori, 35 mg lemak dan 11,3 mg lemak jenuh. Diet sekuat apapun kalau tidak dibarengi dengan konsumsi makanan dan minuman yang benar dan sehat, maka tidak akan membawa banyak HASIL.

Pernyataan dari orang bijak menyatakan,"Awasi apa yang masuk ke dalam mulut, perhatikan apa yang masuk ke dalam pikiran, kuasai diri untuk melakukan apa yang terbaik". Ini penting agar kita tidak menyesal di kemudian hari.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan apabila ingin menurunkan berat badan, yaitu:

  1. Awasi apa yang dikonsumsi.

    Makanan yang masuk kedalam mulut sebaiknya yang rendah kholestrol, tidak mengandung minyak baik dari bahan baku maupun minyak gorengnya. Daging sapi dan daging babi, termasuk jenis daging merah, menyulitkan diri untuk menurunkan berat badan tersebut.

    Hindari makanan dalam bentuk kaleng atau kemasan, yang banyak mengandung pengawet, pemanis, pewarna, pengenyal, penyedap buatan yang merugikan tubuh. Kurangi minuman yang mengandung gula tinggi, sirup kental, susu manis kental, soft drink. Ganti dengan menu makanan yang sehat dan aman bagi tubuh, agar anda bisa tenang hidup dan melihat keluarga bahagia.

    Menu makan yang sehat adalah dari bahan baku yang rendah kolesterol, seperti ikan laut, ikan tambak, ikan air tawar. Pilihlah ayam kampung yang dipelihara dengan makanan biji-bijian jagung, dan telur 1 butir setiap hari. Sayuran yang segar adalah sangat baik untuk membantu pencernaan makanan, sekaligus untuk memberikan dampak kenyang yang rendah kalori.

    Di Denpasar Bali, ada jual sayur tipat, yaitu sayur bayam, kacang panjang, kecambah, tahu goreng, tempe plus tipat atau ketupat disajikan dengan bumbu kacang mirip pecel. Rasanya enak dan nyaman di perut serta kenyang cukup lama.

    Di Madiun atau Surakarta atau Salatiga, ada jual pecel sayur, yaitu kembang turi, kubis, kecambah, bayam, dan kacang panjang disajikan dengan bumbu kacang. Tempat yang kita diami yakni Nusantara tercinta milik kita ini, ada banyak ragam makanan yang dari bahan tumbuhan alami yang kaya akan vitamin dan sehat bagi tubuh. Konon kabarnya orang bule, turis asal China atau Singapore, Filipina, mereka lebih memilih konsumsi sayuran tersebut diatas plus telur ayam rebus daripada makanan burger yang kaya kalori.

    Pilihan mereka sangatlah bijak sebab mereka mencari uang dan ingin menikmati hidup dengan kualitas yang sehat, maka mereka harus menghindari makanan yang kaya kalori agar tidak kelebihan berat badan dan sakit.

    Cara menurunkan berat badan yang aman dan nyaman, adalah:

    • Makanlah menu sayuran satu piring kecil, tambahkan telur 1 butir, nasi putih satu mangkuk, lauk ikan atau ayam goreng, sayur asam, garang asam, sup tanpa santan, tambahkan buah apa saja asal kenyang benar.
    • Hindarilah makanan atau jajan atau camilan, ini akan menambah jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Kalori yang masuk ke dalam tubuh harus lebih sedikit daripada kalori yang dikeluarkan untuk energi kerja, jalan, pikir. Bila masih terasa lapar makanlah buah apa saja yang anda suka, kecuali durian, hingga kenyang.
    • Minumlah air putih atau jus buah tanpa tambahan gula. Ada orang memiliki kasus khusus, kalau tidak manis tidak bisa minum. Boleh tambahkan madu asli dengan air putih.
    • Ulangilah kebiasaan makan dengan menu sehat secara rutin, dengan perasaan senang tanpa tertekan dalam menghadapi menu makanan tersebut. Keterpaksaan justru akan memicu tubuh semakin makan banyak sehingga keinginan menurunkan berat badan akan kandas.
  2. Aturlah jam makan dengan baik.

    Jam makan yang baik adalah jam makan malam mulai jam 18.00 sd 22.00, tergantung kesibukan anda, dengan menu sehat tersebut diatas. Puasa pagi hingga jam 12.00, tapi minumlah air putih jam 9.00 pagi segelas dan jam 11.00 bila rasa lapar menuntut kita. Minum air putih akan membantu membakar lemak tubuh.

    Cadangan makanan yang ada dalam tubuh adalah berupa lemak tubuh, bila lemak ini di bakar oleh tubuh maka berat badan anda akan menurun, inilah prinsip utamanya. Usahakan buang air besar pada pagi hingga siang tersebut, agar perut tidak buncit, dan lemak tubuh dikeluarkan melalui buang air besar tersebut.

    Awali makan pertama hari ini jam 12.30 dengan menu sehat tersebut, variasi menu terserah asal tidak mengandung babi dan sapi, ganti dengan tahu tempe goreng. Makanlah dengan kenyang asal nasi putih semangkuk saja, bila kurang kenyang tambahkan dengan sayur asam, jagung, buah.

    Akhiri makan malam hari ini, jam 18.00 hingga 22.00 tergantung rasa lapar anda, dan ketersediaan waktu. Yang terbaik jam 18.00 sd 20.00. Bilamana masih lapar maka makanlah sayur atau buah untuk mengganjal rasa lapar tersebut. Sayur kubis direbus dengan garam dan bawang putih lalu dimakan dengan sambal cobek tomat campur terasi bisa mengenyangkan perut.

  3. Jaga pikiran anda agar tidak stress.

    Kadar Kortisol akan meningkat seiring terjadinya stress, dan Kortisol inilah yang bertugas membebaskan kadar gula dari otot dan liver dan mengumpulkan lipid pada bagian perut, paha, leher, lengan atas. Ada hubungan orang yang stress dan naiknya berat tubuh seseorang, hal ini bisa di uraikan sebagai berikut:

    Stress adalah kondisi yang bersifat pribadi dalam diri seseorang, yang tidak terkontrol, hal mana banyak dipengaruhi faktor lingkungan, interaksi dengan masyarakat lokal, keinginan diri yang tidak terpenuhi.

    Hal stress sangat merusak kehidupan seseorang bilamana tidak diberikan solusi bagaimana cara mengatasi stress dengan benar dan dampaknya adalah tubuh yang menanggung akibatnya. Sebenarnya cara menghadapi Stress adalah ubahlah persepsi anda terhadap situasi seburuk apapun, hadapilah dengan berani, dan ambil hikmahnya agar anda menjadi manusia tangguh nantinya.

    Dampak daripada stress adalah seseorang akan menjadi manusia agresif, mudah tersinggung, tidak bisa menerima kenyataan apa adanya, menumpuknya penyakit dalam tubuh.

    Kenali faktor penyebab stress anda:

    • Faktor dari luar : beban pekerjaan yang overload, perasaan kehilangan atas seseorang yang dicintai, melihat keberhasilan orang lain.

    • Faktor dari dalam: keinginan yang tidak tercapai, perasaan takut gagal, merasa kurang mampu, merasa rendah diri karena status sosial.

    Cara mengatasi Stress dengan benar adalah:

    • Upayakan dengan keras dalam menghadapi tugas hidup, janganlah menyerah sebelum berhasil.
    • Sadari keterbatasan anda, bila mencoba sesuatu tapi gagal, mulai analisa dan kalau tidak memungkinkan dilakukan maka cepat berbalik haluan. Anggap kegagalan sebagai titik awal menuju sukses, tidak boleh patah semangat, terus mencoba yang lain hingga sukses.
    • Jalani hidup dengan apa adanya, ada tangan yang tidak kelihatan yang turut mengaturnya. Yakinlah bahwa Tuhanlah yang mengatur semuanya, namun kita harus tetap bekerja keras, dan tidak boleh putus harapan apalagi terpuruk menjadi stress.
  4. Olahraga lari di tempat selama 10 menit.

    Lakukan olahraga lari di tempat selama 10 menit di saat pagi dan sore hari. Ini sangat baik untuk mengembalikan kekuatan otot kita agar kulit tidak menggelambir karena penurunan berat badan tersebut.

Kesimpulan, yakinlah bahwa yang sanggup menurunkan berat badan anda 4 kg hingga 6 kg dalam waktu 4 bulan adalah diri sendiri. Cobalah tirakat tidak makan jenis daging merah sapi atau babi, pantang minum gula, kurangilah nasi putih paling banyak satu mangkuk dan bila perlu ganti dengan beras merah dengan serat tinggi.

Aturlah jam makan sedemikian rupa, lalu berpuasa makan jam 22.00 hingga jam 12.30 agar memberi kesempatan tubuh ini untuk membakar kelebihan lemak tubuh. Dengan terbakarnya lemak tubuh ini maka dengan sendirinya berat badan akan menurun. Lemak yang berlebih tersebut akan dibuang lewat faeces atau kotoran, biasanya di pagi hari dan siang hari setelah minum air putih jam 9.00 dan 11.00.

Ini penting agar anda tahu, bahwa waktu puasa pagi hingga pukul 12.30, tujuannya memberikan kesempatan tubuh untuk membakar lemak tubuh yang biasanya menumpuk pada perut, paha, leher atau tengkuk. Bukan untuk menyiksa diri dengan berlapar-lapar, itulah sebabnya dibantu dengan minum air putih agar membantu proses pembakaran lemak dan juga mengurangi nyeri di lambung.

Tips Cara Menurunkan Berat Badan

Lapar tidak akan timbul di saat puasa kalau kita beri asupan air putih, dan badan tampak lebih segar karena racun dalam tubuh dikeluarkan melalui BAB. Biasakan olahraga lari di tempat sekitar 10 menit di pagi hari mau BAB dan sore hari ketika pulang kerja, meski sesibuk apapun biasakan alokasi waktu untuk olahraga.

Penurunan berat badan selalu diikuti kulit yang mengendor, agar kulit lebih kencang maka perlu diadakan lari di tempat tersebut. Inilah cara menurunkan berat badan sekitar 4 kg dalam kurun waktu 4 bulan, dan cara tersebut diatas berdasarkan pengalaman, bukan teori.

Penulis bahkan pernah melakukan hal tersebut diatas, dan dalam kurun waktu hanya 15 hari berat badan berkurang 4 kg. Ini biasa, teman saya dalam kurun waktu 10 hari bisa berkurang 5 kg, karena disiplin ketat apa yang tertera diatas. Mempertahankan berat badan yang telah turun agar tetap ramping, lebih sulit dari pencapaian awal dalam menurunkan berat badan.

Yang perlu dijaga adalah bagaimana mempertahankan berat badan yang telah turun tersebut agar tetap langsing dan tidak naik lagi. Syaratnya adalah tetap tekun melakukan cara hidup sehat seperti yang diuraikan diatas, terus menerus tanpa bosan.

Last edited 23 February 2015