Tips diet alami untuk menurunkan berat badan menjadi ideal. Setiap orang dari kalangan manapun pasti menginginkan berat badan yang ideal karena setiap orang ingin tampil menarik. Meskipun ada pandangan bahwa big is beautiful, namun berdasarkan riset menyatakan bahwa salah satu penyebab terjangkitnya sakit pada seseorang adalah karena berat badan yang berlebih. Apapun alasannya yang penting kita harus sehat, dan memiliki dasar pengetahuan untuk hidup sehat. Pengetahuan yang harus dimiliki anda saat ini adalah mengenai berat badan yang ideal itu yang apa dan bagaimana cara menurunkan berat badan menjadi ideal.

Cara Menurunkan Berat Badan

Berat badan ideal menurut penelitian yang ada, memiliki rumusan sebagai berikut:

Penghitungan BBI pria

BBI p= 90%x ( H- 100 ) BBI p adalah Berat Badan Ideal pria dalam Kg. H. = tinggi badan dalam cm.

Misalkan Berat badan ideal untuk pria, yang memiliki tinggi tubuh 175 cm,adalah: BBI p = 90% x ( 175 - 100 ) = 67,5 Kg.

Penghitungan BBI wanita

BBI w = 85 % x ( H - 100 ). BBI w adalah Berat badan ideal wanita dalam Kg. H. = tinggi badan dalam cm.

Misalkan Berat badan ideal wanita, yang memiliki tinggi tubuh 160 cm, adalah: BBI w = 85 % x ( 160 - 100 ) = 51 Kg.

Adapun cara menurunkan berat badan agar menjadi ideal adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan diet atau tarak makan dengan sukacita.

    Tarak makan atau melakukan diet alami harus dilakukan dengan rasa suka atau gembira. Hal ini penting agar terhindar dari stress atau tertekan batin, tertekan batin karena ingin kurus justru akan memicu hormon kortisol melimpah. Hormon kortisol ini akan membuat orang tersebut semakin besar nafsu makannya sehingga menambah berat badan. Jadi diet harus dilakukan dengan sukacita.

  2. Konsumsilah makanan dan minuman yang sehat dan rendah kalori.

    Makanlah makanan yang tidak mengandung lemak jenuh, misalkan jenis daging merah yang terdapat pada daging sapi, babi, anjing, kucing, buaya harus dihindari. Makanlah daging ikan, ayam kampung dan sayur yang kaya serat dan rendah kalori. Minuman dari jus buah sirsak, lemon, cherry sangat baik untuk dikonsumsi karena menyehatkan dan tidak menggemukkan.

  3. Lakukan olahraga yang sederhana dan murah.

    Olahraga yang baik tidak harus yang bayar dengan harga mahal, namun yang sederhana dan murah, misalnya renang, lari ditempat, erobic, push up, bersepeda sehat.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam melakukan diet alami maka ada hal yang harus dilakukan, sebagai berikut:

A. Lakukan tanpa menunda.

Niat yang ada dalam hati, ditindaklanjuti dengan melakukannya sesegera mungkin. Penundaan untuk melakukan diet alami justru akan memicu stress, jadi lakukan dengan tegas hari ini. Diet akan sukses dan mengejutkan anda bila melakukannya dengan tulus, ikhlas tanpa tertekan.

Fokuskan keinginan anda untuk tarak makan minum dengan sungguh agar berat badan ideal mudah tercapai. Tanpa keinginan yang kuat untuk mencapai berat badan ideal maka seringkali ada godaan untuk menundanya. Padahal godaan makan selalu ada, dan yang jelas semakin diikuti godaan tersebut akan membuat kita gagal dalam menurunkan berat badan.

Ada banyak orang menyatakan mengapa penyesalan selalu disadari setelah terjadi. Jawabnya adalah karena tidak melakukan apa yang terbaik hari ini. Maksudnya adalah lakukan segala sesuatu yang baik buat kesehatan tubuh hari ini tanpa menundanya.

Cara Menurunkan Berat Badan Menjadi Ideal

b. Atur jadwal makan anda.

Banyak diet alami yang berhasil dengan mengatur jadwal makan, puasa sampai dengan 13.00 agar memberi kesempatan tubuh untuk melancarkan metabolismenya atau BAB. Minumlah air mineral bila perut terasa pedih, dan air akan menetralisirnya. Setelah puasa makanlah jam 13.00 dengan makan sekenyangnya tapi yang rendah kalori.

Secara garis besar makan di mulai pukul 13.00 makan siang sekenyangnya dan sehat bergizi. Lalu makan malam sekenyangnya jam 19.00 atau kapan saja. Esok pagi mulai puasa lagi sehingga memberi kesempatan kalori yang di dapat dari makanan dan minuman kita dipakai oleh tubuh. Tubuh yang bergerak, otak yang berpikir itu membutuhkan energi yang diperoleh dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan dan minuman yang ada dalam tubuh bila digunakan dengan lancar atau tidak menumpuk di dalam perut akan diubah jadi energi untuk kehidupan manusia. Dengan puasa maka memberikan kesempatan tubuh untuk menggunakan kalori yang tersimpan dalam tubuh, sebagian berupa lemak tubuh. Bayangkan bila lemak tubuh tersebut belum dipakai oleh siklus pembakaran tubuh, lalu bahkan ditambah dengan aupan makanan yang baru, maka jelas akan membuat perut buncit alias gemuk. Puasa memberikan harapan baru bagi kita agar lemak yang menumpuk dipakai untuk aktivitas seharian sehingga tidak jadi timbunan dalam tubuh ini. Ditambah lagi dengan minum air putih akan mempercepat metabolisme bekerja dengan baik dalam tubuh anda.

Jadi puasa sebaiknya jangan dijadikan alat untuk berlapar-ria, sebaliknya harus dengan kesukaan. Karena dengan puasa dan minum air putih maka racun yang menumpuk dalam tubuh dikeluarkan melalui BAB ataupun keringat yang mengalir ketika jalan atau berolah-raga. Itulah pentingnya mengatur jadwal makan dalam hidup kita sehari-hari.

c. Jaga asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Pilih menu makanan,sayur dan buah yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tubuh membutuhkan nasi agar ada metabolisme yang seimbang, tanpa nasi maka perut akan terasa lapar meskipun telah mengkonsumsi buah atau sayur dengan jumlah yang banyak. Meskipun nasi putih mengandung gula yang sarat gula, namun bila dengan porsi semangkuk akan baik untuk kesehatan.

Jangan takut makan nasi yang penting porsinya satu mangkuk, ditambah sayur dan lauk ikan atau telur ayam sekenyangnya. Sebaiknya makan hingga kenyang agar tidak mencicipi camilan tambahan. Camilan tambahan justru menambah jumlah kalori yang banyak dibanding makan sekenyangnya. Bayangkan dengan makan camilan, misalkan kue mangkuk, lepet, kroket, kue tart, lumpia, martabak, pisang goreng, bakso, lemper, maka bila diakumulasikan kalorinya banyak. Untuk itu seyogyanya makan 3 kali dengan menu sehat dan kenyang, dibanding dengan tambahan makan dari camilan.

Cara Menurunkan Berat Badan

Buah yang direkomendasikan atau tips diet alami yang baik untuk menurunkan berat badan adalah yang tidak mengandung kalori tinggi. Bengkuang adalah buah yang kaya serat dan mengenyangkan, bisa digunakan untuk menahan rasa lapar mulut. Atau apel yang kulitnya dikupas bisa mengenyangkan perut bila masih terasa lapar. Kulit apel perlu dikupas karena mengandung lapisan seperti lilin bila dikeruk dengan pisau.

Ada beberapa kasus perut yang kembung gara-gara makan apel beserta kulitnya. Jadi makanlah apel yang dikupas kulitnya, meskipun kulit mengandung vito-nutrien. Pilihan yang lain adalah buah pepaya California yang setengah masak sangat banyak seratnya, bisa menahan rasa lapar untuk waktu lama. Boleh juga makan buah tomat, selain sehat dan tidak besar kalorinya, baik untuk diet alami.

Untuk sebagian yang gemar makan sayur, bisa makan sayur pocai, lettuce , brokoli yang direbus dengan menambahkan bawang putih dan sedikit garam, atau di tumis dengan menambahkan campuran jamur atau udang. Boleh juga anda beli kedelai lalu direbus diberi garam sedikit, untuk mengganjal rasa lapar anda, usai makan yang belum terkenyangkan.

Ada banyak contoh menu yang dapat digunakan untuk memberikan sumbangsih yang besar bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, antara lain:

  • Kacang kedelai, beli kedelai bersihkan terlebih dulu lalu direbus diberi garam sedikit, untuk mengganjal rasa lapar anda, usai makan yang belum terkenyangkan.
  • Ubi rambat dan singkong, kaya akan serat sehingga sebagai selingan penahan rasa lapar cukup baik. Singkong rebus dianjurkan daripada konsumsi singkong goreng, karena minyak goreng kurang baik untuk diet menurunkan berat badan.
  • Pisang kepok, pisang ini sangat enak bila direbus dan juga kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan, sekaligus penahan rasa lapar.

Kesimpulan, untuk puasa tidak makan itu mudah, namun yang sulit adalah menahan godaan makan favorit kesukaan anda. Jadi selain mengkonsumsi makanan atau minuman yang sehat, harus ada niat diri untuk menyangkal diri alias tarak. Diet alami untuk menurunkan berat tubuh agar mencapai berat badan ideal adalah mudah, kalau mau menjaga segala sesuatu yang masuk kedalam tubuh anda.

Jangan ijinkan makanan yang mengandung pengawet, pemanis, pengenyal, pewarna, masuk dalam tubuh kita. Makanan tersebut bisa menggagalkan diet alami untuk menurunkan berat badan kita. Dampak dari zat tersebut membuat tubuh tidak sehat dan merusak metabolisme tubuh. Metabolisme yang tidak baik membuat perut buncit karena tidak bisa BAB, dan merusak sistem tubuh yang seharusnya berjalan. Ikuti petunjuk praktis yang dituturkan diatas, demi mendapatkan berat badan yang ideal tersebut.

Last edited 23 February 2015