Berapa berat badan yang ideal dan cara menurunkan berat badan agar ideal. Kondisi badan seseorang tidaklah sama, ada yang makan apa saja namun badan tetap tidak bertambah. Namun ada yang makan dengan porsi yang sama tapi tubuhnya langsung bertambah. Oleh sebab itu seseorang ingin menambah atau menurunkan berat badannya, tergantung tinggi badan dan berat badan ideal yang hendak dicapainya.

Berapa berat badan yang ideal bagi setiap orang tidaklah sama hal ini tergantung tinggi badan dan gender seseorang. Simaklah uraian berikut mengenai berat badan ideal seseorang berdasarkan rumusan penelitian pakar gizi.

Pengertian dari berat badan ideal adalah berat badan dimana kesehatan optimal seseorang didapatkan, berdasarkan tinggi badan, yang tergantung juga pada usia, dan gender. Ada banyak perumusan mengenai berat badan ideal, namun ada salah satu rekomendasi yang cukup mendekati bagi orang Indonesia dan Asia Tenggara.

Cara Menurunkan Berat Badan

Pertama, Berat Badan Ideal yang paling mendekati buat orang Asia Tenggara memiliki rumusan sebagai berikut:

Penghitungan BBI pria adalah:

BBI p= 90%x ( H- 100 ) BBI p adalah Berat Badan Ideal pria dalam Kg. H. = tinggi badan dalam cm.

Misalkan Berat badan ideal untuk pria, yang memiliki tinggi tubuh 175 cm,adalah: BBI p = 90% x ( 175 - 100 ) = 67,5 Kg.

Penghitungan BBI wanita adalah:

BBI w = 85 % x ( H - 100 ). BBI w adalah Berat badan ideal wanita dalam Kg. H. = tinggi badan dalam cm.

Misalkan Berat badan ideal wanita, yang memiliki tinggi tubuh 160 cm, adalah: BBI w = 85 % x ( 160 - 100 ) = 51 Kg.

Berat badan ideal merupakan hal yang tidak habis untuk diperdebatkan, banyak teori yang mengklaim paling akurat. Beberapa penggagas formula untuk menentukan berat badan yang ideal akan dipaparkan dalam kesempatan ini. Tentunya ditulis yang rumusannya paling mendekati dengan kenyataan di lapangan. Dan berikut ini ada beberapa perumusan yang sesuai untuk berat badan ideal orang keturunan Barat:

a. G. J. Hamwi Formula.

Berat badan ideal pria : 48.0 kg + ( 2.7 kg x ( Hp - 152.4 cm ) : 2.54 cm ). Berat badan ideal wanita : 45.5 kg + ( 2.2 kg x ( Hw - 152.4 cm ) : 2.54 cm ). Dimana, Hp adalah tinggi badan pria, dan Hw adalah tinggi badan wanita.

Ambil contoh, pria dengan tinggi badan 185 cm, maka berat badan idealnya adalah : BBI = 48kg + (2.7kg x (185cm - 152.4cm ) : 2.54cm =48kg+34.65kg= 82.65 kg .

b. J. D. Robinson Formula.

Berat badan ideal pria : 52 kg + ( 1.9 kg x ( Hp - 152.4 cm ) : 2.54cm ) Berat badan ideal wanita : 49 kg + ( 1.7 kg x ( Hw - 152.4 cm ): 2.54 cm).
Dimana, Hp adalah tinggi badan pria, dan Hw adalah tinggi badan wanita.

c. D. R. Miller Formula.

Berat badan ideal pria : 56.2 kg + ( 1.41 kg x ( Hp - 152.4 cm ) : 2.54 cm ) Berat badan ideal wanita : 53.1 kg + ( 1.36 kg + ( Hw - 152.4 cm ) : 2.54 cm ) Dimana, Hp adalah tinggi badan pria, dan Hw adalah tinggi badan wanita.

d. B. J. Devine Formula.

Berat badan ideal pria : 50 kg + ( 2.3 kg x ( Hp - 152.4 cm ) : 2.54 cm ). Berat badan ideal wanita : 45.5 kg + ( 2.3 kg x ( Hw - 152.4 cm ) : 2.54 cm ). Dimana, Hp adalah tinggi badan pria, dan Hw adalah tinggi badan wanita.

Itulah rumusan bagi anda untuk mengetahui berapa BERAT BADAN IDEAL yang tepat untuk anda. Pilihlah yang sesuai dengan keadaan anda yaitu menurut Asia Tenggara atau Barat.

Kedua, hal cara menurunkan berat badan agar mencapai berat badan ideal adalah:

Cara Menurunkan Berat Badan

Bila seseorang ingin menurunkannya maka hindari makanan yang mengandung kolesterol LDL yang jahat. Kecenderungan makan makanan yang mengandung kolesterol yang jahat akan merusak sistem pencernaan dan kesehatan tubuh jadi rusak. Kerusakan sel-sel tubuh yang ada, akan berdampak kurang baiknya metabolisme tubuh. Jadi kegemukan cenderung menyebabkan peningkatan kadar kolesterol LDL darah.

Dengan menurunkan berat badan akan menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut. Penurunan berat sebesar 1 kg akan meningkatkan kolesterol HDL yang baik sebesar 0.35-0.40 mg/dl.

Logikanya menyatakan bahwa kalori yang masuk kedalam tubuh sebaiknya lebih kecil dibanding energi yang dibutuhkan tubuh. Kekurangan kalori tersebut akan diambil dari cadangan lemak dari dalam tubuh. Dengan dipakainya lemak tubuh, maka berat badan jadi berkurang karena aktivitas yang terjadi pada seseorang.

Dengan kata lain, cara menurunkan berat badan yang baik adalah menghindarkan diri dari makanan yang mengandung kolesterol jahat teersebut, lalu konsumsi makanan yang sehat. Makan yang sehat, bisa dicapai dengan cara:

  • Konsumsilah makanan yang berserat tinggi.
  • Pilih buah yang mengandung vitamin, mineral, vito nutrien.
  • Jadwal makan yang rutin, pagi- siang- malam.
  • Hindarilah jenis daging merah, gula, bahan aditif pengawet, pengenyal, pemutih, pemanis, penyedap yang merusak sel tubuh.
  • Luangkan waktu untuk olahraga yang sederhana, murah, rutin.

Kesimpulan, untuk mendapatkan berat badan ideal maka perlu untuk lebih dulu menurunkan berat badan yang berlebih yaitu dengan cara :

  1. Kurangi asupan Karbohidrat.

    Nasi adalah sumber karbohidrat yang tiap hari dikonsumsi sebagian besar manusia. Karbohidrat inilah yang menambah berat tubuh seseorang. Dengan mengurangi makan nasi maka otomatis mengurangi asupan karbohidrat kedalam tubuh. Makanlah nasi sesuai kebutuhan yaitu satu mangkuk kecil dan makanlah hingga kenyang dengan menambahkan sayur maupun buah.

    Hindarilah makanan yang menggunakan minyak goreng, nasi goreng, tahu goreng, ikan goreng, telur goreng , meskipun gurih rasanya namun menambah kalori dalam tubuh kita. Usahakan makan yang tanpa lemak atau santan, dan ini demi menurunkan berat badan dan tubuh tetap kuat dan sehat.

  2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.

    Sayur mengandung banyak serat dan juga sangat bergizi, sedangkan buah mengandung vitamin, dan air di mana kedua-duanya memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Selada, bayam dan kangkung mengandung zat ferum atau besi, juga magnesium yang membantu kerja uretik dan menggelontor lemak tubuh yang berlebih.

    Sayur buncis, mengandung zat B-sitosterol dan stigmasterol yang memampukan pankreas untuk menghasilkan hormon insulin tubuh, sehingga tubuh sehat. Diabetes karena kurangnya hormon insulin memicu kalori tubuh diubah jadi lemak, sehingga jadi gemuk. Sayur lettuce di hypermart, sayur pocai, sayur sawi daging, sayur kubis, bisa di tumis dengan sedikit udang, bawang putih, garam, nikmat rasanya dan sehat tubuhnya.

    Sayur memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia, selain mengandung serat yang tinggi untuk memperlancar proses pencernaan tubuh, juga disinyalir bisa mengikat kolestrol jahat dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena kolestrol jahat tersebut diikat maka tidak jadi diserap kembali oleh tubuh. Akan tetapi, ternyata tidak hanya itu manfaat sayuran bagi kesehatan. Serat yang terdapat sayuran juga berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat di dalam saluran pencernaan sehingga kolesterol tersebut tidak dapat diserap kembali oleh tubuh.

    Bahkan lebih lanjut diteliti oleh ahli gizi, bahwa jus buah apalagi beserta seratnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Saat ini ada alat untuk membuat jus yang sanggup menghancurkan serat buah hingga lembut, dan ini tentunya memberikan hasil jus yang lebih baik. Jus yang ada tentu mengandung serat yang tinggi, karena tidak terbuang separti yang lain. Jus yang kaya serat dari wortel dicampur apel, atau jus pepaya dicampur lemon, atau jus sirsak dicampur tomat, sangat bagus untuk ketahanan tubuh.

    Secara umum diketahui bahwa manfaat jus sangat baik untuk berperan dalam menurunkan berat badan. Jus disinyalir menghilangkan kolesterol jahat, sehingga berat badan akan menurun dengan sendirinya. Penderita kolesterol cenderung badannya menjadi gemuk dan kurang sehat. Butuh pengertian yang benar mengenai apa saja yang perlu dikonsumsi seseorang sehingga selain tubuh mendapatkan kebutuhan energi, juga menyehatkan. Asupan buah berikut ini bisa membantu dalam menurunkan berat badan bagi anda yang memiliki riwayat penderita kolestrol yang berat.

    Buah sangat baik dibuat jus tanpa tambahan gula, akan cenderung menurunkan kolesterol dan juga mengurangi berat badan adalah:

    • Delima, mengandung zat Oksida nitrat, yang bisa mengurangi penumpukan plak pada arteri sebagai dampak menumpuknya kolesterol LDL yang jahat dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi delima secara rutin bisa menurunkan kolesterol LDL yang jahat tersebut. Bila kolesterol jahat berkurang maka lemak tubuh berkurang, dan berat badan menurun kembali dengan normal.
    • Alpukat, memang berlemak namun meningkatkan kolesterol baik HDL dalam tubuh, bagi anda yang masih ragu sebaiknya tidak perlu mengkonsumsinya. Karena keraguan akan menaikkan hormon stress kortisol yang justru memicu nafsu makan seseorang. Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan maka sebaiknya hindari keraguan makan sesuatu yang berlemak.
    • Tomat, juga mengandung zat yang baik untuk menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh, dengan demikian berarti baik juga untuk menurunkan berat badan seseorang.
    • Kacang kedelai, edamame, kenari, almond, dimasak dengan bawang putih akan menurunkan kolestrol LDL yang jahat sehingga akan menurunkan berat badan anda dengan sendirinya.
  3. Sikat gigi usai makan.

    Kecenderungan makan camilan adalah karena tidak bisa menahan diri terhadap godaan makan camilan. Bersihkan gigi agar tidak tergoda lagi untuk mencicipi makanan atau minuman sela. Dengan sikat gigi membuat mulut terasa bersih dan nyaman, sehingga akan berpikir dua kali kalau mencoba makanan selingan lagi. Ini sangat baik sebagai alat untuk kontrol diri agar tidak mengotori gigi lagi. Dengan demikian maka menolong anda untuk menyangkal diri tidak makan minum lagi.

  4. Lakukan olahraga yang rutin.

    Sehebat apapun kita menjaga kesehatan tubuh, olahraga sangat dibutuhkan untuk memperoleh hasil maksimal untuk hidup sehat. Lakukan olahraga dengan rutin, sederhana, dan lokasi yang mudah dicapai. Ini jelas lebih optimal karena anda jadi lebih menikmatinya tanpa terpaksa. Dengan melakukan olahraga lari ditempat, renang, lari 20 menit, bulu tangkis, bola basket, sepeda sehat, maka lemak tubuh yang berlebih akan di bakar melalui aktivitas tersebut.

    Lemak tubuh yang terbakar akan membantu menurunkan berat badan, dengan catatan tetap jaga asupan makanan dan minuman anda usai olahraga. Kerapkali rasa lapar datang ketika usai olahraga, ingin minum es teh yang manis dan segar, atau minum es buah campur, es cendol, es krim. Hal ini sangat biasa dan manusiawi, tubuh kita butuh energi masukan beupa makanan dan minuman. Kita harus pintar jaga diri agar tidak mengkonsumsi yang manis atau tinggi kalori. Minumlah air mineral atau makan lauk yang bukan jenis daging merah seperi sapi, babi, anjing, ular. Bila perlu maan nasi merah agar seratnya mengenyangkan perut.

Dengan olahraga rutin maka dengan sendirinya berat badan jadi menurun dan tubuh jadi lentur tidak kaku otot. Demikianlah disimpulkan bahwa untuk mencapai berat badan ideal diperlukan kedisiplinan dan upaya yang kuat mengenai langkah tersebut diatas.

Last edited 23 February 2015