Mendapatkan berat badan ideal adalah impian dan harapan semua orang. Khususnya bagi kaum hawa, menjadi langsing dengan berat badan yang pas seolah menjadi lambang kesempurnaan kecantikan wanita. Meskipun sulit untuk dilakukan, tapi mereka rela menahan lapar dan berolah raga secara rutin demi mencapai berat badan ideal.

Apakah Anda telah mencoba untuk diet, dan telah mencoba mengkonsumsi obat pelangsing atau obat penurun berat badan namun hasilnya tetap nihil?

cara menurunkan berat badan

Tips Jitu Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Alami

Maka perlu anda ketahui bahwa bisa jadi teknik Anda dalam menurunkan berat badan belum tepat. Dan tahukah Anda bahwa sebenarnya obat penurun berat badan pada dasarnya tidak dapat menurunkan berat badan Anda, bahkan hanya membuat tubuh menjadi dehidrasi dan kurang nutrisi. Hal itulah yang pada akhirnya membuat Anda lemas dan sering merasa pusing.

Sebenarnya, menurunkan berat badan tidak perlu menyiksa diri. Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal dengan cara yang sehat. Berikut akan di paparkan beberapa tips cara menurunkan berat badan secara cepat namun tetap sehat dan hal-hal yang harus dihindari demi mempertahankan berat badan agar tetap ideal.

  1. Sarapan

    Menurunkan berat badan bukan berarti meninggalkan sarapan dan membiarkan rasa lapar menyelimuti. Dalam menjalankan program menurunkan berat badan, sarapan justru menjadi hal yang sangat penting. Meninggalkan sarapan akan membuat anda makan berlebihan pada siang harinya. Hal yang lebih tepat untuk dilakukan adalah mengganti menu sarapan Anda yang tinggi karbohidrat dengan makanan yang rendah lemak dan karbohidrat.

    diet sehat tetap menjaga sarapan

  2. Tingkatkan Waktu Olahraga

    “Menyelam sambil meminum air” adalah ungkapan yang cocok dengan berolah raga. Karena dengan berolah raga tentunya Anda bisa mengurangi berat badan sekaligus menjaga tubuh agar tetap segar. Anda dapat meningkatkan waktu olah raga secara bertahap. Akan lebih baik jika membuat jadwal olah raga dalam satu minggu secara rutin. Tidak perlu membayangkan untuk olah raga yang berat-berat. Olah raga ringan juga efektif dan membantu menurunkan berat badan. Contoh olah raga ringan yang bisa Anda lakukan seperti: jalan-jalan pagi atau jogging dan aerobic sudah cukup efektif membakar lemak. Yang jelas, jangan biarkan tubuh Anda dibiarkan diam tanpa melakukan olah raga. Karena, olah raga menjadi bagian yang sangat penting dan efektif dalam menurunkan berat badan secara cepat. Jadi, jika Anda menginginkan berat badan Anda turun dengan lebih cepat, berolah ragalah!

  3. Memakan Sereal

    Studi menemukan bahwa orang yang makan sereal untuk sarapan setiap hari secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi gemuk dan menderita diabetes dibandingkan mereka yang tidak memakan sereal. Mereka juga mengkonsumsi lebih banyak serat dan kalsium serta sedikit lemak daripada mereka yang makan makanan mengggunakan sarapan lain.

  4. Konsumsi Buah dan Sayur

    Berdasarkan penelitian yang di publikasikan dalam Journal of the American Dietetic Association tahun 2006 di temukan bahwa rata-rata orang langsing makan lebih dari satu sajian buah dan makan makanan yang mengandung lebih banyak serat di bandingkan makanan berlemak. Maka dari itu, cobalah untuk mengganti menu makanan yang mengandung lemak tinggi dengan makanan yang kaya akan serat untuk mempercepat berat badan Anda turun. Karena Serat di percaya dapat menunda rasa lapar muncul, hal ini tentu akan memudahkan program diet Anda.

  5. Dengan Istirahat yang Cukup

    Tidur yang cukup selama 7 sampai 8 jam per hari akan mempercepat memper lancar metabolisme tubuh. Selain itu, tidur yang cukup juga sangat baik untuk kesehatan untuk mengistirahatkan oragan-organ penting seperti jantung, hati, pankreas, dan lain sebagainya agar dapat bekerja secara lebih optimal.

  6. Makan dengan Perlahan

    Cobalah untuk menikmati makanan yang Anda makan dengan mengunyahnya secara perlahan. Karena makan dengan cepat cenderung dapat membuat Anda gemuk. Mengapa ini bisa terjadi? Karena jika Anda makan dengan perlahan dan menikmati makanan Anda, itu akan memberikan cukup banyak waktu untuk tubuh agar memberikan sinyal kenyang pada otak. Sehingga porsi makanan yang di makan menjadi lebih sedikit. Selain itu, hindari juga makan sambil menonton tv, karena ini akan memungkinkan Anda tanpa sadar makan dengan porsi yang banyak.

  7. Ganti Beras Putih dengan Beras Merah

    cara menurunkan berat badan dengan beras merah

    Karbohidrat terdiri dari 2 jenis. Yaitu, karbohidrat kompleks dan karbohidart sederhana. Karbohidrat kompleks bersifat slow release dan kandungan seratnya lebih tinggi. Sedangkan karbohidrat sederhana bersifat kebalikannya. Beras putih mengandung karbohidrat sederhana dan beras merah mengandung karbohidrat kompleks. Itulah mengapa beras merah sangat di sarankan untuk dikonsumsi oleh pelaku diet dan juga para penderita diabetes.

  8. Hindari Stress

    Jika Anda sering merasa stress akibat pekerjaan, tugas ataupun karena berat badan yang terus naik dan tak kunjung turun, maka Anda perlu menenangkan pikiran Anda sejenak. Menonton film favorit atau bejalan-jalan pagi mungkin dapat menjadi solusi. Intinya, hindari merasa stress. Karena kebanyakan orang ketika stress akan melampiaskan emosinya dengan memakan makanan yang tidak sehat dalam jumlah yang relatif banyak. Akhirnya, ini akan berdampak buruk pada kesehatan dan berat badan yang meningkat.

  9. Batasi Konsumsi Garam

    Garam memang tidak akan membuat Anda gemuk seketika, namun mengonsumsi makanan asin akan membuat Anda merasa kehausan dan banyak minum. Nah, garam dapat meningkatkan retansi air atau menahan air di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat berat badan Anda meningkat. Anda tidak perlu menutup diri dari garam, karena makanan tanpa garam itu kurang pas. Cukup dengan membatasi konsumsinya saja, jangan terlalu banyak.

  10. Hindari Diet Ketat

    cara diet sehat bukan diet ketat

    Tidak ada yang salah dengan melakukan diet demi mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, sebisa mungkin hindari diet yang terlalu ketat. Karena itu akan menyebabkan program penurunan berat badan Anda terancam gagal. Mengapa? Karena naluri manusia tidak akan mampu bertahan dengan diet yang terlalu ketat dalam jangka waktu yang lama. Pada akhirnya itu mungkin akan menyebabkan pemberontakan dan keinginan yang lebih besar untuk kembali pada pola makan seperti sedia kala. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan Anda dengan diet, lakukan secara bertahap dan jangan memaksakan diri.

  11. Kurangi Konsumsi Gula

    Gula merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Seringnya menambahkan gula pada minuman teh, susu, jus, kopi, ataupun gula dalam coklat ternyata dapat membuat berat badan mudah naik. Konsumsi gula yang berlebih akan membuat Anda gemuk dan kehilangan berat badan ideal. Hindari juga meminum soft drink, karena kandungan gula dalam soft drink relative banyak. Lebih baik meminum air putih yang sudah jelas aman dan baik untuk kesehatan.

  12. Dengan Mengkonsumsi Jus Pare

    Buah berwarna hijau dan terkenal dengan rasa pahit nya ini ternyata memilik manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan sangat berkhasiat dalam menurunkan berat badan. Mungkin tidak banyak yang mau mencoba meminum jus pare sebagai bagian dari menu diet nya karena rasa pahit dari buah ini. Padahal, justru rasa pahit tersebut yang mampu menurunkan kadar gula darah serta bisa mencegah tubuh menyerap gula yang berlebih. Hingga kemudian akan berdampak pada penurunan berat badan Anda. Jika Anda tertarik untuk mengkonsumsi jus pare, Anda bisa mencampurinya dengan 2 buah apel, 1 buah mentimun, air perasan lemon, serta 1 sendok madu agar tidak terlalu terasa pahit. Anda juga bisa mengganti buah apel dengan buah lainnya sesuai selera Anda.

  13. Menjaga Frekuensi Makan

    Dalam menjalankan program menurunkan berat badan, sangat di anjurkan untuk memperhatikan frekuensi makan. Jika biasanya Anda makan sebanyak 3 kali sehari, maka ketika menjalankan program ini sebaiknya Anda juga makan sebanyak 3 kali sehari. Hanya saja dalam program menurunkan berat badan, porsi makanan dan jumlah kalori di sesuaikan dengan kebutuhan tubuh secukupnya dan tidak berlebihan. Untuk waktu makan, sangat di anjurkan untuk konsisten. Makan pagi tidak boleh di gabung dengan waktu makan siang. Dan makan malam di sarankan untuk tidak terlalu malam atau makan setidaknya 2 jam sebelum mengistirahatkan tubuh. Hal ini bertujuan agar makanan tidak sepenuhnya diolah saat tubuh dalam kondisi beristirahat. Sebab, makanan yang dolah saat tubuh dalam keadaan beristirahat dapat membuat kelebihan energi disimpan dalam sel lemak yang kapasitasnya tidak terbatas. Inilah yang kemudian menjadi pemicu kelebihan berat badan.

  14. Olahraga Secara Teratur

    Olah raga yang baik bukanlah olah raga yang berat dengan durasi yang lama. Tapi cukup dengan melakukannya secara rutin dan teratur. Banyak pilihan dan jenis olah raga sederhana yang mudah untuk dilakukan di manapun dan kapanpun tanpa biaya, namun hasilnya tetap sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan secara cepat dan alami. Sebab olah raga merupakan komponen yang paling berpengaruh dan merupakan cara yang paling efektif membakar lemak dalam tubuh. Bahkan 50% penentu keberhasilan dalam menurunkan berat badan adalah melalui olahraga yang teratur dalam durasi yang terus meningkat secara bertahap. Contoh olah raga yang mudah untuk di lakukan namun efektif membakar lemak adalah berlari, bersepeda, berenang, berjalan kaki, senam aerobik, dan lain sebagainya.

  15. Lakukan Secara Disiplin

    Dalam menjalankan usaha Anda menurunkan berat badan secara alami ini, sangat mungkin akan adanya banyak godaan yang sulit dikendalikan berkaitan dengan keinginan untuk makan, ngemil, serta bermalas-malasan dan enggan berolah raga. Maka dari itu, memantapkan diri untuk terus disiplin dalam menjalankan program ini sangat di perlukan. Kalau perlu, pajang pakaian kesayangan Anda di luar lemari sebagai motivasi agar terus disiplin untuk diet dan tidak mudah terpengaruh ataupun goyah.

Itulah beberapa tips untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan alami, yang dapat membantu Anda mendapatkan berat badan yang ideal. Hal terpenting dalam menjalankan program menurunkan berat badan ini adalah displin dan jangan terpengaruh namun juga jangan terlalu dibuat stress. Lakukan dengan senang hati dan sabar. Anda pun harus yakin bahwa program ini akan berhasil. Karena pikiran juga akan sangat mempengaruhi tubuh Anda.

Last edited 08 July 2015