Berbagai perawatan untuk menjaga kebersihan tubuh dan wajah sudah dilakukan, menjaga pola makan juga sudah dilakukan, namun mengapa jerawat terus saja tetap muncul?

Inilah yang seringkali tidak disadari oleh sebagian orang. Masalah jerawat memang masalah yang tidak hanya disebabkan oleh faktor kebersihan dan faktor hormonal yang juga dipengaruhi oleh asupan makanan sehari-hari. Faktor psikis dan faktor hormonal ternyata memiliki kaitan yang cukup erat dan karenanya menjadi hal yang patut dipertimbangkan dalam sebuah upaya untuk menghilangkan jerawat hingga tuntas. Stress yang berlebihan akan menggangu metabolisme hormonal di dalam tubuh, dan ini menjadi penyebab jerawat yang tidak disadari.

cara menghilangkan jerawat dengan menghindari stress

Jerawat yang disebabkan stress memiliki ciri-ciri khusus yaitu:

  1. Timbulnya pada daerah tertentu dimana dan berulang-ulang. Daerah tertentu seperti hidung, lubang di dalam hidung, lipatan hidung, daerah dagu, daerah leher, daerah pelipis dan daerah dada maupun punggung.
  2. Kuantitas jerawatnya lebih dari 3 dan berderetan pada daerah yang tertentu tersebut.
  3. Bentuknya merah meradang dan bila di sentuh tangan akan semakin meradang dan sakit.
  4. Periode terjadinya adalah saat dimana anda kurang tidur, karena kerja keras, masalah tidak kunjung terpecahkan, serta kurang bersyukur pada Tuhan.

Cara mengatasi jerawat akibat stress adalah:

  • Basuh wajah dengan air bersih dan dengan sabun yang lembut atau hypo-allergic, dan oleskan alkohol steril 70 persen pada titik jerawat yang ada.
  • Ambil bawang putih tunggal mentah, lalu gunakan getah yang ada pada bawang putih tersebut dengan cara mengoleskannya pada jerawat yang ada.
  • Ulangi beberapa kali, dan ingin hasil lebih optimal perlu konsumsi juga 4 bawang putih tunggal dengan cara merebusnya 1 menit, lalu makan seperti layaknya lalapan. Baunya enak, tidak menyengat, dan sangat menyehatkan.

menghindari stress

Bawang putih tunggal bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh, juga meredakan radang jerawat yang ada. Bila digunakan sebagai obat luar maka bisa menjadi obat jerawat alami.

Setiap kita baik wanita maupun pria, baik remaja maupun muda-mudi, sampai masa tua maka jerawat bisa saja muncul di wajah kita. Hanya saja mungkin ada yang mengidap jerawat terlalu sering, ada yang kadang kala, ada juga yang tidak pernah sama sekali dalam beberapa tahun. Jika jerawat sampai mampir di kulit manusia hal ini setidaknya memberitahukan adanya tanda organ tubuh atau hormon tertentu yang tertentu yang tidak stabil atau terganggu dalam tubuh manusia.

Jerawat pada umumnya memang disebabkan oleh faktor hormonal yang juga berkaitan erat dengan faktor kebersihan. Dengan melakukan perawatan wajah, menghindari makanan penyebab jerawat, menjaga pola makan sehat, serta menjauhi stress berlebih maka niscaya masalah jerawat pasti bisa diatasi hingga tuntas.

Untuk bisa menangani jerawat secara tepat, maka kita perlu mengetahui apa saja jenis-jenis jerawat tersebut berdasarkan letak munculnya jerawat. Berikut beberapa pengalaman yang menjadi catatan:

a. Jerawat tumbuh di sekitar daerah hidung, juga di atas bibir, memberikan pertanda adanya gangguan pada organ pencernaan tubuh.

Lambung yang tidak sehat akibat dari gagalnya diet dengan obat kimia misalnya, banyak mengkonsumsi sambal yang menyebabkan peradangan pada daerah sekitar hidung, bibir atas.

Untuk pertolongan sementara gunakan minyak tawon dengan cara mengoleskannya pada hidung atau kadang di dalam lubang hidung yang mengalami peradangan tersebut. Radang akan menjadi reda kembali, karena minyak tersebut menyembuhkan bengkak pada kulit.

b. Jerawat tumbuh pada daerah rahang, dan sekitar dagu.

Jerawat yang tumbuh di daerah tersebut pertanda adanya hormon yang tak stabil, gangguan pada organ kelamin, atau lupa bersihkan mulut sehabis makan dengan sabun. Gangguan pada organ kelamin terjadi karena kurang jaga kebersihan celana dalam, sehingga terjadi bisul merah kecil, waspadai kalau itu herpes.

Jangan panik, biasanya dokter memberikan resep cream Acycrovir, dan usapkan pada daerah kelamin yang ada bintik merah yang sakit bila tersentuh. Selang beberapa hari pastilah sembuh, creamnya murah di apotik daerah anda mudah didapatkan. Menurut pakar herpes, penyakit bisul herpes ini disebabkan karena stress berat. Bisul yang mirip jerawat batu ini kalau di sentuh terasa sakit sekali.

c. Jerawat tumbuh pada seputar pelipis atau dahi.

Jerawat yang tumbuh pada seputar pelipis memberikan petunjuk adanya gangguan pada sistem pencernaan anda. Sistem pencernaan terganggu akibat hormon adrenalin terpacu dengan keras. Hormon ini tergantung pada tingkat ketegangan atau stress yang tinggi.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa jerawat yang timbul di pelipis timbul disebabkan hormon adrenalin yang ada dalam tubuh berpacu kencang karena tegang menghadapi masalah hidup misalkan atau tekanan intensitas kerja yang tinggi.

Selain itu bisa karena kurang kebersihan rambut, rambut yang kotor mudah dihinggapi bakteri penyebab jerawat. Jaga kebersihan sarung batal harus di cuci 4 hari sekali, agar tidak dijadikan tempat oleh bakteri.

cara menghilangkan jerawat

Sistem pencernaan terganggu juga disebabkan kurang istirahat, istirahat yang cukup mengurangi ketegangan. Coba amati bayi yang santai dalam menghadapi hiruk pikuk dunia, tetap tenang dan tidak tegang, sehingga bisa lelap tidurnya. Bayi tidak ada yang memiliki jerawat, karena tidak tegang menghadapi masalahnya.

Kalau bayi wajahnya timbul jerawat, itu lebih dikarenakan sisa bekas air susu yang menempel di sekitar mulut tidak dibersihkan dengan air seusai minum susu. Sebaiknya mulut bayi dibasuh dengan kapas steril yang dicelupkan pada air matang agar bersih dari bekas air susu.

Sesungguhnya dengan memperhatikan saat makan tepat waktu, dan mengkonsumsi sayuran dan minum jeruk nipis campur madu maka akan membuat pencernaan baik adanya, maka jerawat di dahi jarang muncul lagi.

d. Jerawat tumbuh pada garis T pada wajah yaitu diantara kedua alis secara arah horisontal, dan secara vertikal ke arah bawah hingga hidung, menunjukkan adanya gangguan fungsi hati dan jantung.

Fungi hati terganggu karena badan bekerja over-limit kurang memperhatikan waktu untuk istirahat, juga banyak konsumsi daging sapi tang berlemak, minuman yang beralkohol cenderung memperberat kerja fungsi hati. Ini bila tumbuh jerawat disekitar garis alis. Bila yang berjerawat pada daerah hidung maka kemungkinan ada fungsi kerja jantung yang bermasalah.

Berusahalah makan yang banyak mengandung calcium dan vitamin C dosis tinggi, karena setiap jantung berdenyut membutuhkan Calcium. Jantung yang sehat akan membuat seseorang jadi tenang dan bisa menghadapi semua tantangan hidup dengan senyum. Kekurangan Calcium akan membuat seseorang susah tidur, sehingga tekanan darah ikut terangkat tinggi.

Kekurangan waktu tidur akan merangsang hormon tubuh tertentu penyebab jerawat tumbuh, maka dianjurkan untuk istirahat yang cukup. Jerawat yang terlanjur timbul di hidung bisa diredakan dengan caranya dengan mengambil bawang putih tunggal, lalu kupas dan hancurkan bagian ujung dengan sayatan pisau.

Ujung bawang putih yang telah lunak mengeluarkan getah tersebut oleskan dan gosokkan pada hidung yang berjerawat tersebut selama 1 menit. Ulangi beberapa kali, yakinlah bahwa jerawat tersebut mengempis dan sembuh hanya beberapa hari saja tanpa bekas luka hitam. Hal ini juga bisa dilakukan ketika ada jerawat di kelopak mata, gunakan bawang putih dengan mengoleskan pada kelopak mata.

Caranya adalah, kelopak mata dibuka, gosokkan perlahan ke kelopak mata yang berjerawat tersebut, dan tetaplah pegang kelopak mata agar tidak menutup. Pedih dari bawang putih di mata tidak akan lama, jadi tak usah takut, usai diusap bawang putih biasanya langsung kempis. Percayalah, ini resep nenek yang telah dilakukan turun temurun dan hasilnya sangat menakjubkan.

e. Jerawat yang tumbuh di sekitar pipi kiri maupun kanan.

Jerawat yang timbul di daerah tersebut menunjukkan adanya gula darah yang tinggi. Nasihat yang bijak untuk mengatasi hal tersebut adalah makanlah beras merah dan buah apel, hindarilah makanan yang manis dan minuman soft drink yang berkadar gula tinggi. Banyak orang pada bingung ketika jerawat di sekitar pipi tersebut semakin di pencet semakin banyak jadinya, meskipun diberi obat jerawat semahal apapun tetaplah meradang.

Cara menghilangkan jerawat jenis ini adalah dengan menghindari untuk sementara konsumsi daging merah seperti daging sapi, karena akan memperburuk kadar gula darah dalam tubuh. Daging sapi memang nikmat apalagi di buat sate kelapa ala pulau Madura, atau rendang sapi ala Padang, sangatlah enak, dan bila ingin hilang jerawat tersebut maka hindarilah sementara.

Kelak bilamana perlu adakan balas dendam dengan makan daging sapi satu kilo, ya, ini sekedar canda saja agar kita jangan tergoda untuk makan sesuatu yang kurang menguntungkan bagi tubuh. Manakala kadar gula dalam darah atau diabetes anda menurun maka jerawat di pipi akan mengecil dan sembuh dengan sendirinya.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan menghindari stress

Buat pencegahan agar jerawat tidak kambuh lagi di pipi adalah konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi seperti apel, beras merah, bawang putih tunggal. Hindarilah makan siap saji atau junkfood yang sarat dengan kalori tinggi disinyalir pemicu diabetes, daging sapi, serta minuman air teh manis setiap haus.

f. Jerawat yang timbul sekitar leher, memberikan petunjuk bahwa tubuh kita di jangkit oleh bakteri.

Cara menghilangkan jerawat ini bisa dilakukan di salon kecantikan untuk perawatan jerawat atau dokter spesialis kulit agar diberikan anti biotik yang berkhasiat membunuh bakteri yang ada. Bila kita obati jerawat atau bisul merah yang ada dari luar saja, maka beberapa saat kemudian akan kambuh lagi. Minumlah antibiotik tersebut secara rutin, dan sampai habis.

Hal-hal yang diuraikan diatas memberikan pengertian pada kita sesungguhnya
Tuhan Yang Maha Tahu sangat peduli pada umatNya. Terbukti hal jerawat yang menjengkelkan sekalipun bisa menunjukkan kebaikan Tuhan untuk memberitahukan mengenai adanya hormon atau organ tubuh manusia yang terganggu atau sakit. Hormon yang terganggu akan menyebabkan terbentuknya stress, emosional, mudah marah atau tersinggung. Hormon inilah yang menyebabkan terjadinya jerawat dalam tubuh manusia, baik remaja, muda maupun lanjut usia.

Berikut hormon yang mempengaruhi timbulnya Jerawat, antara lain:

  1. Hormon Adrenalin, dihasilkan oleh kelenjar Adrenale, hormon ini akan mengalir deras dalam tubuh ketika seseorang mengalami ketegangan yang berlebih. Hormon adrenalin akan membuat seseorang yang mengalami ketegangan menjadi berkeringat. Keringat yang tidak di bersihkan bercampur kotoran atau bakteri akan menimbulkan masalah jerawat.

  2. Hormon Kortison, dihasilkan oleh kelenjar Adrenale juga, Disinyalir semakin seseorang mengalami ketegangan atau stress maka hormon Kortisol akan meningkat sehingga mengganggu keseimbangan organ tubuh.

Terganggunya keseimbangan inilah mengakibatkan seseorang melampiaskan dalam hal makan yang berlebih, sehingga berat badan naik dan lemak tubuh tak terkendali. Lemak tubuh yang menumpuk akan menyumbat pori-pori kulit tubuh tersumbat dan bisa jadi terbentuk peradangan pada kulit.

Peradangan inilah yang akhirnya jadi jerawat karena digaruk atau di sentuh tangan. Hormon ini mengurangi sistem kekebalan tubuh, dan memicu terjadinya tekanan darah serta diabetes. Jadi tanpa disadari, hormon Kortisol yang meningkat karena stress inilah menyebabkan jerawat, tekanan darah tinggi dan obesitas terjadi.

Untuk menghilangkan jerawat maka perlu menghindari stress berlebih, untuk itu maka perlu belajar mengerti apa dan dimana jerawat itu timbul, sehingga bisa diketahui cara penanganannya yang optimal, wajah jadi pulih, segar dan cerah. Stress NO WAY.

Last edited 08 July 2015