Ada masalah jerawat yang paling tidak diinginkan oleh siapapun, yaitu timbulnya jerawat batu. Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang paling parah dan nampak sebagai benjolan yang cukup besar dengan warna hitam dan keras. Umumnya jerawat batu terjadi peradangan sehingga agak terasa nyeri atau sakit, khususnya muncul di area wajah. Jika tidak dihilangkan tentu akan sangat mengganggu penampilan. Mengobati jerawat batu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu penanganan dan cara menghilangkan jerawat yang tepat agar masalah jerawat tersebut tidak bertambah parah.

Kondisi masing-masing orang tidaklah sama, ada yang hidupnya santai adapula yang hidupnya tegang. Pekerjaan dan profesi seseoranglah yang menyebabkan kondisi tersebut ada. Jerawat bisa datang kapan saja, tidak mengenal waktu dan usia. Berdasarkan penelitian terhadap tingkat emosional seseorang maka pada anak remaja terjadi perubahan hormonal yang begitu tinggi. Tingkat emosional seperti inilah yang sangat mempengaruhi seseorang yang tadinya memiliki wajah imut-imut menjadi bengkak sana sini gara-gara adanya jerawat. Remaja yang kulitnya tadinya mulus berubah jadi menyeramkan gara-gara berjerawat.

cara menghilangkan jerawat batu

Jerawat batu dikenal sebagai jenis jerawat yang paling parah dan membandel. Kondisi ini ditandai oleh jerawat yang berkembang menjadi kista kecil pada permukaan kulit, yang juga bisa sangat menyakitkan. Jika diamati jerawat ini tidak hanya teradi pada wajah tetapi juga di bagian belakang punggung dan ini banyak dijumpai di kalangan remaja. Jerawat ini dapat disembuhkan, namun membutuhkan waktu yang relatif lama.

Sebelum kita mengupas berbagai teknik cara menghilangkan jerawat batu, ada baiknya kita mengetahui seluk beluk jerawat agar kita tidak terjebak oleh berbagai mitos mengenai jerawat yang salah.

Apa sebenarnya jerawat itu?

Jerawat adalah peradangan yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran atau lemak yang menyumbat pembuluh pori-pori. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar bawah kulit kita bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri, tidak bisa keluar dengan lancar karena adanya kotoran, inilah penyebab timbulnya jerawat. Ada beberapa jenis jerawat antara lain jerawat batu, jerawat biasa, dan komedo. Masing-masing membutuhkan penanganan tersendiri yang paling baik dan tepat sasaran.

Setiap orang, khususnya para model atau artis publik figur tentu menginginkan wajah tampil ceria, cerah, dan mulus tanpa noda. Hanya saja mereka tidak tahu cara merawat wajah dengan benar. Di beberapa tempat sering ditawarkan kosmetik yang herbal, namun tidak banyak macamnya. Sehingga mudah untuk dilakukan dan tidak memakan banyak waktu kita. Jerawat yang kecil ternyata bisa merusak seluruh penampilan anda. Tentu anda ingin jerawat yang ada di wajah pergi jauh dan tidak datang lagi.

Apa Saja Penyebab Jerawat batu?

Penyebab jerawat batu mungkin disebabkan karena berbagai faktor seperti keturunan, ketidakseimbangan hormon, obat-obatan tertentu. Hal lainnya adalah penggunaan kosmetik yang salah dan tidak sesuai dengan jenis kulit anda. Buat yang berkulit berminyak gunakan kosmetik yang sesuai agar tidak timbul jerawat atau bekas jerawat nantinya.

Masalah banyaknya kotoran yang menyumbat pori-pori, sampai faktor hormonal, juga kesalahan memilih kosmetik, pengenalan terhadap jenis kulit hingga masalah genetik, turut berperan sebagai faktor-faktor yang membuat wajah seorang remaja yang awalnya mulus menjadi ternodai oleh jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Mengatasi jerawat batu memerlukan waktu karena jerawat jenis ini termasuk tipe jerawat dengan tingkat peradangan tinggi. Ukuran jerawat jenis ini besar-besar dan berkumpul di wajah. Penyebab jerawat batu ada berbagai macam, misalnya produksi minyak yang sangat berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Masalah adanya peradangan yang berlebihan yang dapat meninggalkan bekas jerawat di kulit sehingga sulit untuk dihilangkan.

Cara menghilangkan jerawat yang paling mudah adalah melakukan perawatan di salon kecantikan, namun pasti akan menguras biaya yang cukup besar. Cobalah alternatif lain yang alami yaitu dengan perawatan wajah alami, misalnya menggunakan putih telur yang dicampur dengan madu alami. Ramuan kedua bahan tersebut dioleskan pada wajah yang berjerawat batu dan biarkan beberapa saat. Yakinlah bahwa anda akan melihat hasilnya setelah menggunakan bahan ramuan tersebut.

Berkonsultasilah dengan ke dokter untuk menganalisa jenis kulit anda sehingga pengobatan untuk mengatasi jerawat batu menjadi semakin efektif. Dengan resep yang diberikan oleh dokter, anda pun dapat mengatasi masalah jerawat yang membandel. Perhatian medis sangat penting untuk pengobatan dan penyembuhan, jika tidak, hal itu dapat menyebabkan infeksi dan penyakit kulit lainnya.

obat jerawat batu

Penting untuk mengetahui tentang penyebab dan pengobatan jerawat guna pengendalian dan pencegahan jerawat, khususnya jerawat batu. Beberapa bahan alami dibawah ini bisa menjadi salah satu obat jerawat batu alami yang mudah untuk digunakan sehari-hari:

  1. Umbi Kentang. Umbi kentang mengandung alkali yang bisa memecah minyak yang tersumbat di pori-pori kulit. Kentang dapat digunakan sebagai obat jerawat alami dengan mengiris kentang mentah dan mengusapkan pada daerah yang bermasalah, lalu diamkan beberapa saat, barulah basuh dengan air. Niscaya dengan keyakinan yang besar maka mempercepat kesembuhan.

  2. Putih Telur Ayam Kampung. Manfaat putih telur dikenal sangat efektif sebagai solusi alami untuk mengatasi masalah jerawat. Mula-mula putih telur dipisahkan dengan kuningnya lalu dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan madu. Setelah itu diaduk sampai berbusa kemudian oleskan seperti masker pada tempat yang bermasalah dengan jerawat batu. Kemudian di keringkan dengan kipas, setelah beberapa saat barulah di basuh dengan air bersih. Selain dapat menghilangkan jerawat, masker putih telur ini juga bisa mencerahkan wajah anda.

  3. Madu dan Kunyit. Oleskan campuran madu dan kunyit bersama dengan air jeruk nipis ke kulit wajah anda secara merata. Kunyit merupakan bahan alami yang mengandung banyak manfaat serta khasiat terutama bagi kesehatan (lihat manfaat kunyit untuk kulit wajah).

  4. Tomat. Salah cara untuk mengatasi jerawat batu adalah dengan menggunakan manfaat tomat yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Tomat dapat digunakan sebagai masker di wajah setelah dihancurkan. Kompres sekitar 10 – 15 menit agar sari patinya meresap pada kulit. Khasiat masker tomat ini dapat menghaluskan kulit wajah.

  5. Masker Mentimun. Cara membuat masker mentimun ini cukup mudah yaitu, mentimun di parut, gunakanlah sebagai masker dan diamkan selama 20 – 25 menit. Selain masker tomat dan masker mentimun, anda juga dapat menggunakan manfaat jeruk lemon untuk mengatasi jerawat batu. Ambilah satu sendok air jeruk lemon dan oleskan pada jerawat batu yang membandel. Lakukan secara berulang-ulang sampai jerawat itu pecah. Biarpun, murah meriah, tomat, mentimun dan jeruk lemon pun sudah dikenal luas untuk mengatasi jerawat batu.

Pemilihan bahan alami lain yang merupakan buah penghilang jerawat yaitu jeruk lemon, bengkuang, daun lidah buaya, dan daun pepaya. Serta ramuan khasiat daun sirsak yang ditumbuk dicampur dengan jeruk lemon, ditempelkan pada wajah yang berjerawat tersebut, waktunya minimum 10 menit.

Memiliki wajah yang berjerawat pastinya membuat anda tidak percaya diri, jerawat merupakan suatu gangguan yang harus segera dihilangkan. Terlebih lagi jika jerawat tersebut adalah jerawat batu yang susah untuk mengatasinya. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat batu, dari cara tradisional sampai pergi ke dokter kulit. Meski begitu anda tidak perlu terlalu khawatir jika di wajah anda tumbuh jerawat batu karena saat ini ada banyak cara menghilangkan jerawat batu yang membandel.

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat batu dari wajah dan tubuh anda. Beberapa diantaranya bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar anda. Bahan-bahan alami memang dipercaya berkhasiat untuk digunakan sebagai obat jerawat batu alami tanpa efek samping. Dibandingkan dengan obat jerawat berbahan kimia, tentu saja cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami relatif lebih aman.

Last edited 08 July 2015