Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan menggunakan manfaat bengkoang. Jerawat telah menjadi masalah umum semua manusia. Meskipun telah diketahui banyak cara mencegah dan mengatasi jerawat, ternyata tida ada yang bisa menghindar dari jerawat. Setiap orang pasti pernah memiliki jerawat seumur hidupnya.

Jerawat bukanlah penyakit yang membahayakan nyawa. Namun jerawat cukup mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Terutama hal itu terjadi pada remaja dan orang-orang yang membutuhkan penampilan dalam pekerjaannya. Sebelum berusaha menyembuhkan jerawat, ada baiknya kita mengenal berbagai jenis jerawat.

cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan manfaat bengkoang

  • Jerawat biasa. Dia berupa tonjolan kemerah-merahan. Biasanya muncul karena stres. Bisa juga karena kualitas air yang jelek. Bisa juga karena kosmetik yang tidak cocok. Bisa juga karena polusi dan cuaca.
  • Jerawat batu. Disebut juga jerawat jagung karena ukurannya yang lebih besar daripada biasanya. Lebih susah disembuhkan. Biasanya tumbuh di kening dan pipi. Biasanya berjumlah banyak sehingga menurunkan rasa percaya diri.
  • Komedo. Meskipun sering dianggap bukan jerawat, sebenarnya komedo juga termasuk jerawat. Biasanya muncul di sekitar hidung. Bisa berupa komedo terbuka yang menghitam pada pori-pori yang membesar. Bisa juga berupa komedo tertutup yang terjadi di bawah lapisan kulit.
  • Jerawat meradang. Terjadi pada tingkatan yang sangat parah. Wajah tertutup oleh sangat banyak jerawat. Warna kulit akan selalu memerah.
  • Jerawat konglobata. Biasanya berukuran besar mirip bisul. Jika sudah sembuh, bekasnya akan terlihat jelas dan mengeras.

Bengkoang disebut juga Pachyrhizus erosus. Bentuk umbinya khas, warna dagingnya putih. Biasanya digunakan sebagai bahan rujak. Bengkoang berasal dari Amerika tropis. Sekarang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Dia termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di Amerika, dia dikenal sebagai xicama atau jícama.

Bengkoang merupakan liana yang dapat berusia bertahun-tahun. Panjangnya dapat mencapai 5 meter. Akarnya bisa sepanjang 2 meter. Batangnya menjalar dan membelit. Rambut-rambut halusnya mengarah ke bawah. Daunnya majemuk, menyirip, beranak daun 3. Tangkainya sekitar 8 hingga 16 cm.

Bunga berkumpul dalam tandan di ujung atau di ketiak daun Tandannya sendirian atau berkelompok 2-4 tandan. Panjang tandan hingga 60 cm, berambut coklat. Tabung kelopak berbentuk lonceng, kecoklatan. Buah polong bentuk garis, pipih, panjang 8-13 cm, berambut, berbiji 4-9 butir.

Manfaat bengkoang untuk menghilangkan flek hitam di wajah

  • Memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Bengkoang sangat efektif dalam mengangkat sel kulit mati dan pembentukan kulit baru. Sehingga manfaat bengkoang sangat membantu dalam mencerahkan kulit wajah.
  • Menghilangkan flek dan bintik hitam. Bengkoang cukup efektif mengatasi pigmentasi atau pewarnaan kulit yang berlebihan. Bengkoang dapat memperbaiki corak kulit agar menjadi lebih merata sehingga bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah anda secara alami.
  • Menghilangkan jerawat dan bekasnya. Bengkoang memiliki daya dukung kulit yang baik. Bengkoang akan membantu mengangkat sel kulit mati penyebab penyumbatan sehingga bisa menghilangkan bekas jerawat secara bertahap. Bengkoang memiliki sifat anti bakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri di kulit. Bengkoang akan membantu mempersempit pori-pori kulit. Akibatnya jerawat menjadi sulit muncul dan mudah hilang.
  • Menghilangkan kerutan dan mengencangkan kulit wajah. Bengkoang memiliki sifat astringent. Manfaat bengkoang yang dapat menciutkan pori-pori, mengurangi kerutan dan mengencangkan kulit sudah lama digunakan pada kosmetik-kosmetik yang beredar di pasaran.

Selain bermanfaat bagi wajah, bengkoang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Misalnya mengobati sariawan, menurunkan kolesterol, mengurangi kadar gula darah, mengurangi produksi asam lambung.

Bengkoang banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan pemutih kulit. Jika kita lihat di TV, banyak iklan yang menampilkan produk-produk terkenal pemutih kulit. Dan produk tersebut menggunakan bahan dasar buah Bengkoang. Jika kita tidak suka membeli obat jerawat buatan pabrik, kita bisa membuatnya sendiri. Masker wajah alami dari bahan bengkoang yang mudah didapat dan murah pula harganya.

Cara penggunaan masker bengkoang

  • Bersihkan bengkoang dengan air bersih
  • Potong bengkoang menjadi beberapa potongan
  • Parut / blender bengkoang sampai menjadi bubur
  • Bersihkan wajah dengan air bersih
  • Oleskan masker bengkoang pada wajah
  • Biarkan selama 15-30 menit
  • Cuci wajah dengan air bersih

Cara perawatan dengan masker wajah alami tersebut harus dilakukan setiap hari. Selain itu, kebiasaan baik pencegah jerawat juga harus dilakukan.

  • Hindari makanan berlemak atau yang berpotensi menghasilkan lemak berlebihan. Misalnya kacang-kacangan atau gorengan atau makanan bersantan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.
  • Bersihkan wajah setiap saat. Hindari menggunakan sabun yang terlalu keras. Air bersih sudah cukup untuk mencegah kekeringan kulit. Kulit membutuhkan keseimbangan supaya tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Ini merupakan solusi untuk agar kulit wajah tak hanya terhindar dari jerawat. Tetapi juga untuk menjaga kebersihan dan penampilan secara menyeluruh. Melakukan perawatan wajah setidaknya dilakukan sebelum tidur agar sisa make up dan partikel kotoran yang menempel dapat terangkat dan tidak terbawa ketika anda beristirahat di malam hari. Sebagaimana diketahui bahwa proses regenerasi sel terjadi pada malam hari. Usahakan apabila ada dana berlebih, gunakan minyak zaitun untuk menjaga wajah anda tetap cantik dan bugar.
  • Hindari stress berlebihan. Stress mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Stress juga menurunkan daya tahan tubuh dari berbagai gangguan sekitar.
  • Hindari faktor pengganggu wajah. Gunakan masker dan helm tertutup untuk mencegah paparan debu langsung. Hindari kosmetik yang terlalu keras. Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit kita. Jangan tergoda oleh rayuan iklan sabun atau kosmetik.

Berbagai upaya untuk tampil bebas jerawat memang bisa dilakukan. Tapi percaya diri kita harus kita tumbuhkan sendiri. Rasa percaya diri yang kita bangun akan mengalahkan masalah jerawat kita. Jangan biarkan jerawat mengganggu kita meraih cita-cita kita.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan manfaat bengkoang yang sedikit banyak bisa memberikan referensi kepada anda yang ingin mencoba merawat dan menyembuhkan jerawat dengan bahan yang alami. Selamat mencoba.

Last edited 26 June 2016