Cara mengecilkan perut secara praktis dan alami

Siapa yang tidak kesal dengan perut buncit. Lemak pada perut selain mengganggu kenyamanan tubuh juga merusak penampilan, bahkan dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Meskipun ada ungkapan kuno yang mengatakan “perut buncit itu seksi”. Cobalah untuk jujur pada diri Anda sendiri. Apa benar si pemilik perut buncit itu merasa seksi?

Lemak di perut memang paling sulit diatasi dibandingkan pada bagian tubuh lainnya.Maka dari itu banyak yang mencoba alternatif untuk mengkonsumsi berbagai produk dan obat-obatan untuk mengecilkan perut buncit. Namun, tahukah Anda bahwa itu kurang baik untuk tubuh Anda? Selama masih ada cara yang alami dan sehat, mengapa memilih cara yang tidak sehat?

cara mengecilkan perut

3 Langkah Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dan Efektif

Berikut akan disajikan tiga langkah yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan perut secara alami, sehat dan tanpa efek samping.

Langkah 1 : Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang dapat Mengecilkan Perut Buncit

  1. Dengan ekstrak teh hijau. Senyawa teh hijau yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) membantu merangsang pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme. Manfaat teh hijau tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga mencegah pembentukan sel-sel lemak baru. Cara membuat teh hijau cukup mudah. Yaitu dengan memasukkan daun teh hijau ke dalam cangkir, kemudian tuangkan air panas ke dalam cangkir. Diamkan selama 2-3 menit. Lalu saring teh dan tambahkan sedikit madu sebagai pemanis. Minum teh hijau dua sampai tiga kali sehari.

  2. Dengan minyak ikan. Minyak ikan memiliki asam lemak yang dikenal sebagai omega-3 yang memiliki manfaat pembakaran lemak. Hal ini sangat membantu untuk mengecilkan perut buncit. Cukup dengan mengkonsumsi minyak ikan satu sendok setiap hari atau dengan memakan ikan seperti tuna, salmon dan halibut sebanyak dua kali seminggu.

  3. Dengan jeruk nipis. Jeruk nipis adalah buah asam yang manfaatnya sudah banyak diketahui. Salah satunya adalah mengecilkan perut buncit. Untuk menjadikan jeruk nipis sebagai obat yang membuat perut menjadi rata, dapat digunakan pada bagian luar dengan cara mengoleskannya pada perut dan dicampur sedikit minyak kayu putih. Kemudian diamkan sampai kering. Selain itu, jeruk nipis juga dapat diolah untuk menjadikan perut rata dengan cara diminum.

  4. Dengan Biji-bijian. Ingin memiliki perut ramping? Cobalah untuk mengganti sarapan Anda dengan makanan yang berbahan bijia-bijian. Makanan ini telah terbukti efektif mengecilkan perut yang buncit dan mampu menjaga kadar gula darah Anda, sehingga anada tidak akan lapar secara tiba-tiba. Contoh makanan yang termasuk dalam kategori berbahan biji-bijian adalah sereal gandum, roti gandum, beras merah, dan pasta.

  5. Dengan Mengkonsumsi Sayuran. Sayuran mengandung serat yang tinggi. Hal ini menjadi pilihan terbaik untuk menjadikan perut rata. Kalori dalam tubuh akan berkurang jika mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Jika makan siang dengan menu sayuran, maka rasa kenyang akan awet dan dapat mengurangi porsi makan malam yang membuat perut menjadi buncit. Contoh jenis sayuran yang berserat tinggi adalah wortel, kol, brokoli, bayam, sawi, dan buncis.

  6. Dengan Kencur. Jika Anda menginginkan perut yang rata, tidak ada salahnya mencoba ramuan tradisional ini. Kencur ternyata memiliki khasiat untuk mengecilkan perut buncit. Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan ini adalah segenggam kecur, segenggam beras, asam, serta gula merah dan gula pasir secukupnya. Tumbuklah semua bahan yang telah di sediakan tersebut dalam sebuah wadah. Kemudian, larutkanlah hasil tumbukan tadi dengan segelas air panas. Aduklah hingga merata dan minumlah ramuan tersebut setidaknya sekali sehari.

  7. Dengan Kedelai. Kedelai dan produk turunannya seperti tahu, tempe, dan susu kedelai mengandung lestin yang mencegah sel mengakumulasi lemak terlalu banyak. Makanan ini membantu memecah lemak dari tubuh. Sebagai pelengkapnya, banyak-banyak lah meminum air putih. Karena air putih berfungsi sebagai pencuci sistem tubuh yang memperlancar metabolisme dan membuang toksin-toksin berbahaya.

Langkah 2 : Berolahraga untuk mengecilkan perut buncit

  1. Jogging. Cara tercepat untuk membakar kalori adalah latihan otot kaki Anda. Lemak akan terus terbakar meskipun telah selesai jogging. Berlarilah minimal 4 jam dalam satu minggu untuk mengurangi lemak pada perut Anda. Lakukan secara rutin sampai Anda mendapatkan perut rata yang diimpikan. Namun untuk Anda yang bertubuh gemuk, lakukan latihan ini secara bertahap. Jangan terlalu memaksakan diri Anda.

  2. Dengan Berjalan. Salah satu latihan untuk mengurangi lemak di perut adalah dengan berjalan. Kaget? Apakah Anda pikir itu terlalu sederhana? Kalau begitu Anda harus tahu bahwa bejalan merupakan cara yang bagus dan efektif untuk membakar di perut. Ini juga merupakan salah satu pilihan untuk Anda yang malas berlari. Jika Anda melakukan diet sehat di iringi dengan berjalan selama minimal 30 menit dengan kecepatan tetap dalam 5 hari setiap minggu, Anda akan menyaksikan perubahan bertahap pada lemak yang ada di perut Anda.

  3. Dengan Berenang. Apakah Anda sering merasa lapar setelah berenang? Nah, itu merupakan tanda bahwa telah terjadi pembakaran kalori dalam tubuh Anda ketika berenang. Bagi yang kurang suka olahraga yang mengeluarkan banyak keringat, Olahraga renang dapat menjadi pilihan untuk membakar lemak pada tubuh khususnya lemak perut. Setiap gaya dalam berenang mempunyai hitungan pembakaran kalori yang berbeda. Gaya berenang yang paling efektif membakar kalori adalah gaya kupu-kupu, kemudian gaya punggung dan gaya dada.

  4. Dengan Angkat Beban. Latihan angkat beban menggunakan barbel dan sejenisnya merupakan salah satu cara untuk mengecilkan perut buncit. Bagi wanita, jangan takut memiliki otot seperti pria. Karena hal itu tidak akan terjadi. Hormone testosterone pada wanita hanya sedikit. Jadi tidak akan membentuk otot, justru akan membuat tubuh Anda menjadi langsing. Lakukan latihan ini selama 3 hari dalam satu minggu. Lalu Anda akan melihat perubahan lemak perut Anda secara bertahap.

  5. Dengan Latihan Aerobik. Latihan aerobik sangat efektif mengurangi lemak pada perut. Aerobik terbaik untuk membakar lemak adalah yang melibatkan pergerakan berbagai anggota tubuh. Contoh Latihan aerobik ini termasuk olahraga seperti basket, sepakbola, dan tennis. Berbagai bagian tubuh yang ikut bergerak seperti kaki, lengan, leher, pinggul dapat membuat proses pembakaran lemak lebih optimal. Latihan aerobik yang dilakukan pada pagi hari saat perut kosong, setelah meminum segelas air akan lebih banyak membakar lemak dibanding waktu lain. Latihan aerobik untuk menurunkan berat badan akan lebih baik jika dilakukan setidaknya selama 45 menit sebanyak tiga kali seminggu. Mulailah dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan agar tidak terjadi cedera.

Langkah 3 : Menghindari penyebab perut buncit

  1. Menunda Makan. Salah satu kebiasaan yang tanpa disadari dapat menjadi pemicu perut buncit adalah menunda-nunda makan. Karena, hal ini akan menyebabkan orang makan lebih banyak pada jam-jam berikutnya. Lemak yang ditimbun pun jadi semakin banyak yang kemudian mengakibatkan perut buncit. Maka dari itu, alangkah baiknya makan tepat waktu dan teratur.

  2. Kurang Berolahraga. Olahraga merupakan kunci hidup sehat dan bahagia. Jika Anda benar-benar menginginkan perut yang rata dan ideal, buanglah rasa malas untuk berolahraga. Sisihkan sedikit waktu Anda untuk latihan. Sangat mustahil untuk membakar lemak secara maksimal tanpa olahraga. Tubuh akan terasa berat dan perut akan semakin membuncit karena tidak ada pembakaran lemak.

  3. Hindari Minuman Bersoda. Jeannie Gazzaniga-Moloo, RD, juru bicara American Dietetic Association, menganjurkan untuk lebih sering minum air putih dan menjauhi minuman berkarbonasi. Sebab, jenis minuman tersebut dapat membuat perut jadi kembung sehingga bentuknya jadi membuncit.

  4. Kurang Asupan Protein. Pada umumnya, orang dewasa perlu mengonsumsi setidaknya 20 hingga 25 gram protein setiap kali makan. Karena dengan mencukupi kebutuhan protein harian yang cukup, gula darah bisa stabil dan kadar insulin bisa dikurangi untuk mempercepat laju metabolisme tubuh. Dan tahukah Anda, protein juga bisa membantu tubuh mengontrol hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan. Sehingga tubuh dengan perut yang ideal dapat lebih cepat diperoleh. Beberapa sumber protein sehat yang bisa di konsumsi, antara lain kerang-kerangan, daging ayam kalkun, ikan salmon, dan telur.

  5. Makan/Ngemil di Malam Hari. Menonton Drama favorit atau mengerjakan tugas ditemani camilan memang enak. Tapi aktivitas malam hari yang tidak terlalu padat akan membuat kalori dalam makanan menumpuk yang kemudian menjadi pemicu terbentuknya perut buncit. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan makan/ngemil di malam hari, sebaiknya hentikan kebiasaan itu jika Anda benar-benar mendambakan perut buncit Anda menjadi rata. Atau ganti camilan Anda dengan makanan yang rendah lemak. Seperti kacang almond, yogurt rendah lemak, susu rendah lemak, dan sejenisnya. Tetapi, berhentilah makan/ngemil 2 jam sebelum tidur.

  6. Kurangi Sit Up. Mungkin terdengar mengejutkan. Tapi itulah kenyataannya. Banyak yang mengira bahwa latihan sit up dapat membakar lemak di tubuh, padahal tidak. Sit up justru dapat memperparah keadaan perut Anda. Sit up hanya untuk mengencangkan otot perut yang sudah six-packs.

  7. Hindari Stress. Stres menyebabkan tubuh kita untuk mengeluarkan hormon yang disebut kortisol yang menyebabkan terbentuknya lemak perut. Jika Anda sudah mencoba setiap trik makanan kesehatan, dan berbagai macam latihan olahraga untuk membakar lemak perut, tetapi Anda tetap tidak bisa mendapatkan hasil yang sempurna, cobalah untuk rileks. Mungkin stres itu sendiri yang harus disalahkan. Alih-alih khawatir tentang berat badan Anda dan lemak di perut Anda, sisihkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang Anda cintai. Pikirkan tentang apa yang membuat Anda bahagia dan masukkan kegiatan tersebut ke dalam rutinitas harian Anda.

Itulah 3 Langkah untuk cara mengecilkan perut buncit yang terbukti efektif. Konsumsi makanan sehat, Berolahraga, dan menghindari segala pemicu terbentuknya perut buncit. Ketiganya merupakan serangkaian cara yang harus diterapkan secara bersamaan. Kecepatan bukan penentu kesuksesan sebuah tips. Tetapi bagaimana caranya agar berhasil mengecilkan perut buncit, mendapatkan tubuh yang ideal dengan tepat, sehat, efektif dan tanpa efek samping.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, bukan hanya perut ideal yang akan didapatkan, tapi juga tubuh yang sehat. Kesungguhan dan kesabaran sangat penting untuk suksesnya tips ini. Lakukan secara rutin, lalu katakan selamat tinggal untuk perut buncit.

Last edited 08 July 2015