Jerawat pernah hinggap di semua wajah. Ada yang ringan, sedang, hingga berat. Namun hanya sedikit orang yang berobat ke dokter. Selain biayanya yang mahal, ada kemungkinan efek samping di kemudian hari. Masalah jerawat dapat mengganggu rasa percaya diri penderitanya. Jerawat disebabkan oleh hormon dan penyumbatan pori-pori. Ketika folikel tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati dan minyak berlebih, bisa menyebabkan jerawat.

Buah dan sayuran berperan penting dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat. Keduanya bisa digunakan secara langsung sebagai cara menghilangkan jerawat yang alami dan makanan penghilang jerawat yang aman untuk dikonsumsi setiap hari. Berikut ini beberapa buah penghilang jerawat yang patut untuk dicoba:

makanan dan buah penghilang jerawat

Buah oranye

Banyak sayur dan buah berwarna oranye banyak mengandung vitamin A dan beta karoten. Keduanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki penglihatan dan kulit. Vitamin A memiliki efek pada kulit seperti pengobatan retinol. Dia biasa digunakan untuk mengobati jerawat dengan efek samping minimal. Vitamin A membantu mengeringkan minyak berlebih dan mengurangi peradangan. Sayur dan buah yang kaya vitamin A, antara lain labu, wortel, kentang, pepaya, melon, aprikot, peach, nektarin dan mangga.

Anti oksidan

Anti oksidan kuat dalam sayur dan buah mampu menjadi obat jerawat alami dengan cara mengusir bakteri penyebab timbulnya jerawat. Menurut Mayo Clinic, bakteri dapat tinggal di pori-pori dan menyebabkan jerawat. Anti oksidan membantu membunuh bakteri dan melawan radikal bebas yang merupakan penyebab utama penuaan. Anti oksidan dapat membantu kulit Anda tetap muda dengan mencegah kerutan akibat oksidasi dari matahari dan polutan udara. Blueberry merupakan buah super dengan kandungan anti oksidan yang sangat banyak. Buah dan sayur lain yang banyak mengandung anti oksidan termasuk sayur berdaun hijau seperti bayam dan kale, berry lain seperti raspberry dan blackberry, apel, apokat dan asparagus.

Vitamin C

Vitamin C membantu memulihkan dan membangun kolagen dalam kulit. Dia membantu menguatkan dan meremajakan kulit Anda dari dalam keluar. Dia juga membantu produksi kolagen baru, yang membantu mencegah dan menghilangkan bekas jerawat. Kolagen juga memperbaiki pembuluh darah yang memberi gizi kulit Anda. Buah yang terasa masam seperti anggur, nanas, jeruk dan lemon, kaya vitamin C. Begitu juga dengan strawberry, jambu, kiwi, blueberry. Sedangkan sayurannya seperti brokoli, kentang dan paprika.

Bayam dan paprika

Bayam dan paprika kaya akan beta karoten. Dia membantu meringankan kulit kering, mencegah dan menyembuhkan bekas jerawat.

Pepaya

Chrsitoper Columbus menyebut pepaya sebagai buah malaikat. Dia banyak mengandung vitamin A dan enzim, yang membantu membersihkan kulit dari dalam. Pepaya merupakan salah satu buah terbaik. Pepaya juga mengandung vitamin C yang membantu menghasilkan kolagen. Kolagen menjaga kulit tetap kuat, halus dan tebal. Dia memperkuat pembuluh darah yang menjadi saluran gizi bagi kulit.

Apokat

Apokat membantu mencegah kekeringan kulit dan mencegah penyumbatan pori-pori. Dia kaya akan vitamin E dan asam lemak. Konsumsi apokat secara teratur membantu menjaga kulit tetap lembab. Jika Anda mulai mengkonsumsi apokat, Anda akan merasakan hasilnya dalam 6 minggu.

Apel

Selain penampilannya yang menarik, apel mengandung anti oksidan yang memberikan banyak manfaat. Apel membantu proses metabolisme. Dia berisi vitamin yang menyehatkan kulit. Dia juga mengandung asam yang mengurangi racun dalam tubuh. Apel baik sebagai makanan penghilang jerawat, baik dikonsumsi setiap hari maupun digunakan langsung pada wajah. Riset menunjukan bahwa makan 3 apel setiap hari, prose penyembuhan kulit menjadi lebih cepat dan jerawat dapat dicegah.

Pilihlah apel emas atau merah, karena mereka memiliki banyak pektin. Pektin membantu menyerap racun dalam saluran pencernaan. Sebagai tambahan, gunakan apel segar pada wajah berjerawat. Dia dapat membantu mengurangi jerawat dan meregenerasi sel kulit.

Cara lain yang bisa Anda coba adalah masker wajah apel dan madu. Campurkan 4 sendok makan madu dengan parutan apel. Gunakan pada seluruh wajah kecuali mata dan mulut. Biarkan selama 15 menit, cuci dengan air hangat.

Mangga

Mangga merupakan salah satu buah terbaik untuk menghadang jerawat. Makan mangga secara teratur dapat membantu menghasilkan kulit yang cerah merata. Mangga mengandung banyak enzim seperti oksidase, laktase, catechol dan magneferin. Dia membantu metabolisme. Enzim ini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Lemon

Sari lemon merupakan minuman yang menyegarkan di musim panas. Manfaat lemon sebagai zat anti bakteri alami dapat digunakan untuk menambah kecerahan kulit wajah. Sari lemon banyak mengandung asam sitrat. Dia dapat membersihkan bagian luar kulit.

Untuk menyiapkan sari lemon, peras lemon ke dalam gelas kecil. Basahi bola katun ke dalam sari lemon. Gunakan pada daerah berjerawat. Biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih. Konsumsi teratur sari lemon dapat membantu membersihkan pengganggu kulit seperti minyak yang berlebihan, membasmi jerawat dan gejala penuaan.

Begitu banyak buah yang bermanfaat dalam menyembuhkan jerawat. Apalagi jika ditambah dengan berbagai bahan lainnya seperti kayu manis, kunyit, putih telur, bengkoang, belimbing wuluh, bawang putih, temulawak, mentimun, pisang, teh hijau, lidah buaya, jeruk nipis, madu, tomat dan minyak zaitun. Sepertinya Anda tidak akan kekurangan bahan.

Pilih saja berbagai bahan yang cocok dengan kulit Anda. Anda dapat menggunakan buah sebagai penghilang jerawat secara alami. Sehingga tidak perlu menggunakan obat jerawat buatan pabrik. Selain harganya lebih mahal, ada risiko efek samping di kemudian hari.

Apabila Anda bersungguh-sungguh dan tekun dalam merawat kulit wajah Anda. Niscaya Anda aka mendapatkan hasil yang sepadan. Apabila Anda tidak sabar dan ingin segera mendapatkan hasilnya, Anda malah bisa jatuh dalam risiko kerusakan kulit. Bagaimanapun yang alami itu selalu lebih baik.

Last edited 08 July 2015