BEKERJA untuk sebuah perusahaan atau menjadi PEBISNIS?

3
2 Posts
12 Points

Banyak orang yang ingin menjadi pebisnis. Ada banyak alasan untuk hal ini, misalnya: uang yang dihasilkan bisa lebih banyak dan tidak terbatas, waktu kerja yang lebih fleksibel, kesempatan untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain, dsb.

Namun ada banyak sekali halangan dan rintangan dalam memulai sebuah bisnis. Banyak orang yang hanya sekedar mempunyai keinginan, ingin sukses berbisnis, namun tidak berani merealisasikannya. Ketakutan akan kegagalan lebih sering menghiasi pemikiran seseorang, sehingga menghentikan langkah pertamanya itu.

Untuk menjadi seorang pebisnis, modal yang diperlukan adalah keberanian dan kesiapan untuk memecahkan masalah. Tidak hanya sekedar masalah modal finansial saja, namun strategi-strategi bisnis sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan bisnis yang akan dijalankan.

enter image description here

Untuk para pemula hal ini nampak sebagai sesuatu yang abstrak. Karena itu teman-teman HOPERs yang punya pengalaman membangun usaha dari nol bisa membagikan pengalamannya secara nyata disini.

Bagaimana dengan bekerja pada sebuah perusahaan? meski sebagian besar orang ingin memiliki usaha sendiri namun kenyataannya hal pertama yang dipikirkan seseorang setelah lulus dari sekolah atau kuliah adalah melamar pekerjaan. Mengapa demikian? Mungkin ada yang ingin mendapatkan pengalaman dulu, mengumpulkan relasi dan modal. Kalau demikian, pada usia berapa seseorang sebenarnya siap untuk memulai usahanya sendiri?

Bagikan pemikiran teman-teman HOPERs disini? siapa tahu dapat menolong teman-teman lain yang sedang bingung untuk menentukan keputusan untuk bekerja atau berwirausaha...

Last edited 25 March 2014


comments
1 user(s) write 1 comment(s) on this post
[email protected] posted this 27 January 2014

Pilihan ini adalah sebuah pilihan yang sangat sulit, tetapi bila kita melihat data dan fakta sedikit sekali mereka yang ingin terjun mejadi pebisnis hal ini kemungkinan banyak persepsi atau boleh saya katakan sebagai sebuah mitos bahwa modal adalah salah satu hal wajib untuk memulai menjadi seorang pebisnis. Pada dasarnya untuk menjadi seorang pebisnis sejati modal awal yang harus anda miliki bukan berupa uang semata tetapi modal yang saya maksud disini adalah keberanian untuk memulai dan siap menanggung resiko. Sekarang pertanyaannya adalah apakah anda berani untuk memulai menjadi seorang wirausahawan?. Sebaiknya jika anda ingin memulai berwirausaha ketahui dulu cara tepat memilih sistem wirausaha yang anda inginkan agar anda bisa sukses menjalankannya

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
3
9 Posts
33 Points
andre cool posted this in Entrepreneurship

Ini merupakan sebuah hal yang perlu dipikirkan dengan matang. Karena untuk menjadi seorang pebisnis kita memang bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tidak terbatas (batasnya hanya pada diri kita saja). Namun tidak mudah untuk menjadi seorang pebisnis atau entrepreneur tanpa memiliki pola pikir entrepreneur dan keterampilan seorang entrepreneur sukses. Memulai usaha memang mudah, namun membuatnya bisa berjalan, bertahan, dan menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu yang lama itu tidak mudah.

Ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur untuk mulai terjun dalam dunia bisnis. Memang tidak dibutuhkan background pendidikan khusus untuk menjadi seorang pebisnis, namun jika anda masih belum memahami dunia bisnis dan entrepreneur sebelumnya anda harus mulai dari bekerja dari orang lain dan mematangkan pengetahuan khusus dalam bidang bisnis yang anda minati saat ini. Ini sangat penting, supaya jangan sampai kita bisa memulai bisnis tapi tidak bisa menyelesaikannya dan mempertahankan bisnis tersebut.

Last edited 29 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2
3 Posts
11 Points
Shiane posted this in Entrepreneurship

Saya agaknya memiliki keyakinan bahwa untuk menjadi seorang pebisnis diperlukan sedikit 'bakat' atau 'gen' untuk bisa berhasil. Namun lebih tepatnya bisa dikatakan sebagai sebuah keterampilan. Namun keterampilan tersebut terasah secara alami dalam bentuk insting bisnis dan keberanian untuk mengambil resiko. Karenanya tidak semua orang cocok untuk menjadi pebisnis.

Tidak ada yang lebih hebat atau yang kurang hebat antara menjadi pebisnis atau pegawai. Kalaupun anda saat ini masih menjadi seorang pegawai, anda juga bisa koq bekerja layaknya seorang entrepreneur... ini adalah sebuah pilihan. Kalau anda bekerja kepada orang lain seolah-olah anda adalah pemilik usaha tersebut, anda bisa mulai membayangkan bagaimana nantinya kalau hal itu benar-benar terjadi? Anda bisa mulai mensimulasikan selama anda masih bekerja kepada orang lain atau sebuah perusahaan.

Jiwa entrepreneurship bisa mulai dilihat dari sana. Ada orang-orang tertentu yang puas dengan menerima sekian juta rupiah gajinya dan tidak berminat untuk berbisnis karena repot dan beresiko. Ada yang bekerja dan pulang tepat pada waktunya karena merasa rugi jika bekerja lembur tanpa tambahan gaji. Hal-hal sederhana ini sudah mulai bisa membedakan mana yang memiliki potensi menjadi pengusaha dan mana yang tidak..

Last edited 04 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: