Bagaimana cara mengatasi trauma masa kecil??

0
1 Posts
1 Points
Vivian posted this in Psikologi Anak

Saya mempunyai seorang teman wanita berusia 23 tahun, ia merupakan sabahat saya sejak kecil. Saya ingat sekali bahwa saat kecil ia sering dipukul, dicubit, dijambak oleh ibunya. Menurut saya hal itu merupakan perlakuan yang tidak wajar untuk seorang anak yang masih berusia balita. Akibat dari hal tersebut, hingga saat ini ia mengalami trauma.

Sampai sekarang ini, usianya sudah menginjak remaja, namun hubungannya dengan sang ibu seringkali berakhir dengan pertengkaran. Meski setelah bertengkar ia selalu menangis dan terus menangis, namun mengapa hubungannya dengan sang ibu tak kunjung membaik. Sahabat saya itu mengatakan bahwa ia telah mencoba segala cara untuk mendekati sang ibu dengan sikap yang baik, tapi selalu saja ia disakiti dengan kata2 beliau.

Bagaimana saya harus memberikan saran kepada teman saya ini untuk menghadapi hal tersebut?? Saya merasa kasihan dengan keadaan yang dialami oleh sahabat saya tersebut..

Last edited 19 November 2013


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
0
1 Posts
1 Points
alkira posted this in Psikologi Anak

Beberapa psikiater merekomendasikan cara yang berbeda dalam mengatasi trauma yang dialami oleh seseorang. Adapun cara yang bisa dilakukan melalui meditasi. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, namun akan membantu bagi yang sedang mengalami traumatik. Dengan meditasi kita bisa merilekskan pikiran, perasaan, dan tubuh hanya dengan teknik pernafasan tertentu.

enter image description here

Dengan pernafasan yang benar dan teratur, hal ini dipercaya dapat membuat gelombang otak menjadi lebih tenang. Dengan memiliki ketenangan, seseorang akan bisa menikmati apa yang dijalani sekarang dan dapat membuang hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan (mengganggu, seperti sakit hati, kemarahan, dsb). Selain itu meditasi membantu kita untuk fokus pada masa kini bukan masa lalu maupun masa depan.

Mengapa meditasi dapat disarankan menjadi salah satu cara yang ampuh dalam membebaskan dari trauma masa lalu? Karena meditasi yang dilakukan dengan teratur dan menjadi kebiasaan, maka seseorang akan mampu untuk berdamai dengan diri sendiri, termasuk apa yang sudah dialami di masa lalu.

Jika meditasi dilakukan dengan benar, maka kita akan terbiasa untuk menganggap persoalan bukan sesuatu yang harus disesali namun hal yang harus dilalui dan diambil segi positifnya, kita bisa lebih mendekatkan diri dengan Tuhan, dan menata ulang prioritas hidup sehingga bisa berpikir positif dalam menjalani hidup.

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: