loading categories..
PeopleHOPE Lifestyle Community

Bagaimana cara membuat Tempe Gembus?

1
694 Posts
893 Points

Pernahkah anda menjumpai makanan yang bernama Tempe Gembus??

Sepintas bentuknya hampir sama dengan tempe yang terbuat dari kedelai biasa... dan seringkali digunakan untuk membuat masakan yang biasanya menggunakan tempe kedelai. Ada yang berupa tempe gembus goreng, tempe gembus goreng tempe, tempe gembus bacem, koyor, dan masih banyak lagi masakan yang bisa digunakan dari tempe gembus ini.

Namun tahukah anda bahwa sebenarnya tempe gembus ini merupakan produk yang diolah dari ampas tahu, yang merupakan sisa dari proses pembuatan tahu. Biasanya ampas tahu ini langsung diolah oleh para perajin tahu untuk dibuat menjadi Tempe Gembus yang tidak kalah enaknya dengan tempe biasa. Selain digunakan untuk membuat tempe gembus, ampas tahu juga biasanya digunakan untuk pakan ternak ataupun diolah menjadi pupuk kompos.

enter image description here

Meskipun dari sisi cita rasanya hampir mirip dengan tempe kedelai biasanya, namun dari segi manfaat dan kandungan gizinya sudah menurun, karena ampas tahu yang menjadi bahan dasar tempe gembus ini sudah diambil sarinya untuk diolah menjadi tahu. Meski demikian kandungan protein dalam tempe gembus masih ada, namun tidak sebaik pada tahu dan tempe biasa.

Langkah-langkah pembuatan tempe gembus

Proses pengolahan tempe gembus ternyata tidak jauh berbeda dari proses pembuatan tempe biasanya, yaitu menggunakan ragi tempe untuk melakukan proses fermentasi. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempe gembus ini juga cukup lama, yaitu sekitar 2 - 3 hari. Dari sisi peralatan yang diperlukan juga sama dengan pembuatan tempe biasa.

Berikut ini proses pembuatan tempe gembus selengkapnya:

  1. Pertama, ampas tahu dikukus atau direbus dengan menggunakan air mendidih selama kurang lebih 15 menit. Dengan cara mengukus ampas tahu ini maka bakteri dan kuman bisa dimatikan agar tidak mengganggu proses fermentasi.

  2. Selanjutnya, setelah dikukus, ampas tahu didinginkan selama beberapa saat dengan cara dihamparkan di atas tikar bambu atau menggunakan tampah.

  3. Setelah ampas tahu masih dalam kondisi cukup hangat, lanjutkan dengan proses peragian. Campur ampas tahu tersebut dengan ragi tempe dengan perbandingan 7 sendok makan ragi tempe untuk 100 liter ampas tahu. Campur ragi tempe tersebut secara merata dengan cara mengaduk-aduk ampas tahu dan ragi tersebut menggunakan sendok kayu.

  4. Setelah tercampur secara merata, bungkus ampas tahu tersebut dengan menggunakan plastik atau daun. Proses ini sekaligus untuk melakukan fermentasi sekaligus mencetak tempe gembus. Usahakan untuk tidak terlalu memadatkan adonan ampas tahu tersebut, agar proses fermentasi bisa berjalan secara normal.

  5. Proses yang terakhir adalah melakukan pemeraman. Sama seperti para proses pembuatan tempe menggunakan kedelai, tempe gembus ini juga perlu melalui tahap pemeraman dalam wadah atau kamar yang bersuhu ruangan selama 2 hari 2 malam. Ampas tahu tersebut akan berubah menjadi tempe gembus yang siap untuk dikonsumsi.

Demikianlah proses pembuatan tempe gembus... cukup mudah kan?? jika anda ingin mengetahui proses pembuatan tempe kedelai biasa anda bisa membacanya di artikel "Cara membuat tempe sendiri di rumah".

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda...

Selamat mencoba !!

PeopleHOPE: Community for Learning and Sharing

Lets share what people hope to know

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
0
23 Posts
89 Points
heryadi posted this in Food and Baverages

Saya sepertinya pernah mengkonsumsi tempe gembus ini, tapi sebagai campuran dari masakan koyor yang biasa disebut tahu tumpang. Mungkin yang membuat masakan itu menjadi sedap adalah karena ada campuran tempe gembus ini. Tapi menurut saya pribadi tempe gembus ini tidak enak dikonsumsi jika hanya goreng biasa seperti tempe pada umumnya, harus diolah menjadi campuran makanan yang lain...

Last edited 12 May 2014


comments
1 user(s) write 1 comment(s) on this post
guest posted this 19 April 2014

kalo bikin untuk dijual biasanya pake campuran apa ya

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..

Or

Ada pertanyaan?? Silahkan hubungi Team Support PeopleHOPE menggunakan Yahoo Messanger di bawah ini.
loading