Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan? apakah ada cara cepat menurunkan berat badan?

Seringkali ada banyak orang yang menyatakan pada saya seputar jangka waktu yang diperlukan untuk mengurangi berat tubuhnya. Umumnya pertanyaan yang sering muncul pada seseorang yang ingin memiliki tubuh yang serasi dengan postur tubuhnya adalah berapa lama saya bisa turun berat badan hingga menjadi ideal?

Hal yang menjadi alasan disebabkan sudah kucoba semua cara dan diet bahkan obat pencahar sekalipun. Hasilnya Nihil, alias tidak berhasil bahkan pencernaanku sekarang terganggu. Mereka lalu menjadi kesal dan tidak mau mengurusi penampilan lagi, semakin berusaha ramping malah jadi tambun.

cara menurunkan berat badan

Tentu mereka tidak disalahkan kalau mengambil keputusan seperti ini mengingat ada banyak postingan di website selalu menulis adanya cara jitu untuk menurunkan berat badan. Kenyataan yang ada adalah manakala dicoba ternyata tidak bermanfaat bagi mereka. Inilah yang membuat mereka stress berat dan trauma untuk mencoba cara yang ditawarkan oleh tulisan tersebut. Lalu, siapa yang dirugikan dan kenapa tulisan tersebut terkesan abal-abal atau bohong. Apa betul semua tulisan dalam website hanya sekedar mencari popularitas demi kepentingan sesaat?

Mari, kita simak secara mendalam dan tanpa mencari kambing hitam dengan mempersalahkan mereka. Sebaiknya mengamati kambing yang putih dimana nasihat maupun sarannya bisa dinalar dengan baik. Dengan satu keyakinan maka lakukan langkah-langkah yang optimal agar hasil yang diterima menjadi optimal.

Sebenarnya menurunkan berat badan dalam waktu singkat tidaklah sulit, itu mudah. Yang perlu diperhatikan adalah:

  1. POLA MAKAN ANDA

    Makanan yang manis cenderung manambah kalori dalam tubuh dan kalori yang ada inilah yang akan menjadikan tubuh jadi gemuk. Makanan yang manis adalah mengandung gula, sirup, pemanis buatan. Adapun contohnya adalah kue yang manis, buah kalengan, teh botol, soft drink, donut, kue tart, lapis legit, manisan buah, dendeng manis, kue lapis, dan banyak jenis makanan lainnya yang anda bisa temukan dan amati sendiri, karena nusantara kita tercinta banyak dijumpai makanan yang bervariasi.

    cara menurunkan berat badan

    Jenis daging merah yang harus dihindari, karena jenis daging merah mengandung zat yang bisa menggemukkan tubuh. Saya dulu memiliki kesukaan untuk makan daging bakso sapi dan 5 buah bakso sapi jumbo berdiameter 7 cm menjadi santapan sehari-hari. Dan saat itu tidak seorangpun bisa mencegah kesukaan tersebut, dan tubuh saya sangat berisi sehingga leher dan tengkuk maupun perut ada lapisan yang berlipat-lipat alias tumpukan lemak yang mengganggu penampilan.

    cara cepat menurunkan berat badan

    Sebenarnya daging sapi sangatlah nikmat dan menurut DGE atau lembaga nutrisi Jerman menyatakan bila terpaksa boleh mengkonsumsi 3ons seminggu atau 0.5 ons perhari. Bila konsumsi daging sapi lebih dari 0.6 ons perhari bisa meningkatkan risiko usus besar dan poros usus, serta memicu sel cancer dalam tubuh penderitanya. Adapun yang termasuk jenis daging merah adalah daging sapi, babi dan kambing dan mengandung zat besi heme.

    Zat besi jenis ini misalnya terikat dalam zat merah, pemberi warna darah dan secara kimiawi berbeda dari zat besi non heme serta lebih mudah diserap tubuh. Berdasarkan penelitian ahli gizi maka zat besi heme memicu pembentukan persenyawaan yang menyebabkan kanker usus. Penulis tidak bermaksud untuk melarang anda menikmati jenis daging merah, namun bagi anda yang ingin menurunkan berat badan dalam waktu 5 hari maka cobalah hindari mengkonsumsi jenis daging merah.

    Setelah anda berhasil menurunkan berat tubuh dengan menghindari makan jenis daging merah maka anda punya hak nantinya untuk mencoba makan daging merah lagi. Dan amati hasilnya apa memang jenis daging merah memiliki kontribusi untuk menggemukkan tubuh atau membuat tubuh langsing.

    Saya yakin anda akan bisa menentukan dengan sendirinya, akan terus tidak mengkonsumsi daging hewan berkaki empat dan menggantinya dengan hewan berkaki 2 atau daging ikan. Anda yang melihat dan merasakan, mana yang lebih baik yaitu dengan atau tanpa mengkonsumsi jenis daging merah. Ini adalah pertimbangan yang bijak agar anda jadi pribadi yang bebas menentukan apa saja yang baik untuk dikonsumsi tubuh anda.

  2. POLA ISTIRAHAT ANDA

    Istirahat yang cukup akan membuat tubuh tidak stress dan sanggup mengatur nafsu makan kita. Tidur adalah solusi terbaik untuk mengontrol seluruh kesehatan tubuh seseorang, khususnya berkenaan dengan diet tubuh. Pengalaman menyatakan ketika seseorang tidur larut makan maka nafsu makan meningkat.

    Manusia yang sehat membutuhkan tidur yang cukup dan berkualitas, sebab tidur sangat dibutuhkan kalau ingin tubuh tidak terganggu kesehatannya. Tidur ternyata merupakan sarana yang disediakan Tuhan sang Pencipta alam semesta untuk memproduksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tubuh butuh hormon tersebut agar bisa tidur dengan lelap, hormon yang dinamakan Melatonin.

    Melatonin merupakan hormon yang dihasilkan dari Triptofan amino acid dan pemegang peranan penting oleh kelenjar Pineal. Kelejar ini terletak di pertengahan otak manusia. Cara bekerjanya hormon tersebut adalah dengan berada dalam kondisi gelap menjadi sarana yang merangsang pengeluaran hormon Melatonin tersebut.

    cara menurunkan berat badan dengan istirahat

    Hormon melatonin (N-acetyl-5-metoksitriptamin) adalah hormon pengatur utama dari seluruh hormon yang berfungsi mengatur dan memelihara sistem pengatur jam biologis tubuh, baik saat bangun tidur atau saat hendak tidur. Fungsi utama Melatonin adalah menjaga keharmonisan metabolisme sel, mempertahankan sel tidak mudah rusak sehingga meningkatkan daya tahan sel terhadap berbagai gangguan dari luar. Selain itu dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan dampak menghadapi kondisi badmood seseorang.

    Pada saat badmood atau suasana hati yang galau, gelisah dan stress maka tubuh seseorang akan memproduksi hormon Kortisol lebih banyak. Hormon inilah yang memicu seseorang untuk makan secara berlebih. Contoh yang nyata, ketika seseorang belajar atau begadang hingga larut malam. Dampak yang terjadi adalah orang tersebut kurang tidur maka hormon Melatonin berkurang. Hormon Ini akan membuat orang tersebut jadi galau, gelisah, emosi tak terkendali.

    Kondisi yang kacau seperti inilah yang memicu banyaknya hormon Kortisol sehingga seseorang cenderung meningkat nafsu makannya. Wajar bila orang yang tidur larut malam seringkali ingin makan berulangkali tanpa memahami penyebabnya. Inilah yang menentukan adanya korelasi yang erat antara seseorang yang ingin mengurangi berat tubuhnya dengan menjaga pola istirahat yang baik.

  3. MEMAHAMI PENGERTIAN LAPAR DENGAN BENAR.

    Lapar yang sebenarnya adalah lapar perut, artinya saat itulah tubuh membutuhkan asupan makanan yang berguna untuk tubuh. Hal yang sering terjadi adalah ketika hasrat hati ingin berat badan turun dengan drastis maka berhenti makan total.

    Tubuh kita butuh asupan makanan untuk tubuh agar kehidupan bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya makanan yang masuk ke dalam tubuh maka tubuh jadi sakit. Yang perlu diperhatikan adalah makanan yang masuk kedalam tubuh dibatasi. Maksudnya sebatas kalori yang dibutuhkan oleh seseorang, tergantung postur tubuh orang tersebut.

    Ukuran makan seseorang tidaklah sama, orang yang berpostur tubuh tinggi besar tentunya tidak sama dengan orang dengan postur tubuh sedang. Ukuran yang terbaik adalah 2 porsi makan, yaitu porsi makan pagi hanya air putih hangat atau teh panas tanpa gula, siang hari makan kenyang dengan nasi satu mangkuk plus lauk plus pepaya dan malam hari dengan menu lain asal nasi 1 mangkuk. Nasi adalah pantangan buat diet ramping seseorang karena nasi mengandung kalori yang tinggi bisa menggemukkan seseorang. Makanlah dengan rasa puas, janganlah tertekan. Awalnya memang tidaklah mudah mengurangi hobby makan daging hewan kaki 4, minuman manis, juga kebiasaan makan nasi banyak.

    Namun anda harus sadari bahwa ini hanya diet sementara, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Seandainya setelah anda tahu hasilnya ada dan tubuh berkurang berat badannya 4 kg dalam 6 hari. Maka dijamin anda akan puas dan anda tidak akan menyesal dengan meniadakan makanan tersebut diatas. Yang penting makan dengan hati ikhlas, tidak terpaksa bak diberi jamu pahit.

    Dan setiap kali makan adalah harus kenyang agar tubuh tercukupi kebutuhannya sehingga tidak makan camilan lagi. Makanan camilan inilah yang membuat tubuh tambun dan menyebabkan diet menguruskan badan gagal. Percayalah, makan sekenyangnya tidak akan membuat anda lebih tambun, asalkan porsinya terukur dan tidak terlalu kenyang.

    Daripada tidak kenyang maka anda akan tersiksa dan jadi stress sehingga memicu hormon Kortisol meningkat. Dengan meningkatnya hormon tersebut maka dikhawatirkan justru nafsu makan menjadi tak terkendali. Yang penting untuk disikapi adalah kenyang dengan makan makanan yang sehat, kalori yang terukur, dan perasaan sukacita.

    Makanan yang sehat adalah semangkuk nasi putih, ditambahkan sayuran yang cukup dan buah agar kenyang. Sedangkan kalori yang terukur adalah yang tidak mengandung lemak yang berlebih, misalnya jenis daging merah, minyak goreng, mentega, sup yang berlemak, santan. Ciri makanan yang tinggi kalori adalah yang rasanya gurih dan berlemak di mulut. Gurih dan berlemak karena mengandung santan, mentega, lemak hewan kaki empat, makanan yang digoreng dengan minyak.

Membatasi makan adalah tidak sama dengan berhenti total tidak makan. Pemberian asupan makanan secara teratur menghindarkan diri agar tidak stress, karena stress akan memicu orang untuk tinggi nafsu makannya.

Kesimpulannya adalah, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan seseorang tergantung pada kedisplinan seseorang dalam menjalankan diet. Ada yang hanya 6 hari dan adapula yang 12 hari, rata-rata berat badan berkurang 4 hingga 6 kg.

Berdasarkan pengalaman dari seseorang yang mengalami penurunan 4 kg dalam 6 hari adalah orang tersebut hanya makan 2 kali dalam sehari. Yang dilakukan orang tersebut adalah setelah makan malam sekitar jam 19.30 maka pagi harinya orang tersebut hanya minum air putih saja hingga pukul 12.30. Setiap ada rasa ingin makan maka orang tersebut hanya minum air putih, sehingga perut yang terasa panas karena ada hasrat untuk makan pagi jadi berkurang. Sekaligus memberi kesempatan organ pencernaan bekerja lebih baik, membakar lemak yang di tubuh untuk dijadikan energi. Tujuannya adalah lemak yang berlipat di perut, paha, lengan, leher, tengkuk terbakar semua, sehingga menjadi langsing.

cara cepat menurunkan berat badan

Hal tersebut dilakukan hingga pukul 12.30 barulah makan yang pertama kali. Makanan yang disantap adalah nasi putih 1 mangkuk keci di tambahkan lauk ikan atau ayam. Setelah makan maka mengkonsumsi buah pepaya California, hingga perut kenyang. Ternyata dengan makan kenyang tersebut orang tersebut bisa bertahan makan malam hingga pukul 19.00 malam barulah terasa lapar kembali.

Pada malam hari juga makan dengan menu yang sehat, dengan nasi semangkuk saja, namun ditambahkan buah apel Malang yang dikupas kulitnya. Setelah kenyang berhenti tidak makan apapun karena memang perut kenyang sekali. Kemudian esok harinya makan pagi pertama kali dimulai pukul 12.00 lagi, dan seterusnya. Adapun seluruh syarat yang diuraikan diatas dilakukan dengan penuh keyakinan dan disiplin diri yang tinggi. Hindari minuman manis yang menjadi kesenangan selama ini dan gantilah dengan air putih yang tanpa gula.

Jika anda ingin mendapatkan cara cepat menurunkan berat badan, maka anda bisa mencoba untuk melakukan hal tersebut selama 6 hari dengan tekun lalu lihatlah hasilnya, maka anda akan tercengang dibuatnya.

Last edited 23 February 2015