Apa yang harus dilakukan agar perceraian tidak berdampak buruk pada anak?

0
1 Posts
2 Points

Kadang kala sebagai seorang pasangan sekaligus orang tua bagi anak-anak, seringkali kita menghadapi sebuah dilema pada waktu akan mengambil keputusan untuk bercerai. Di satu sisi kita tidak ingin anak-anak hidup dengan single parent atau terpisah dengan salah satu orang tuanya (entah itu ayah atau ibunya). Namun disisi lain hubungan dengan pasangan yang tidak mungkin dapat dipulihkan lagi, yang mana bisa menyebabkan pertengkaran yang semakin hebat akibat kekecewaan dan ketidakcocokan membuat kita sangat ingin berpisah dengan sang pasangan tersebut.

Memang keputusan untuk bercerai tidak mudah untuk diambil, pasti kita sebagai pasangan sudah berpikir berulangkali. Pertanyaannya adalah jika jalan perceraian ini memang harus saya ambil, apa yang harus saya lakukan agar perceraian ini tidak berdampak buruk terhadap sang anak?

dampak perceraian

Apakah ada cara yang bisa saya lakukan sebagai orang tua (ibu) agar anak tidak bereaksi terlalu ekstrim terhadap langkah perceraian yang saya terpaksa harus ambil ini?

Last edited 26 April 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
0
376 Posts
559 Points
admin posted this in Kids and Parenting By: Yohan Salim

Perceraian bukanlah jalan keluar dari sebuah hubungan rumah tangga yang tidak harmonis. Sebagai orang tua kita harus menyadari bahwa tidak ada pasangan yang sempurna, hanya perlu pengertian dan kebijaksanaan untuk tidak mempertahankan egoisme masing-masing. Seringkali kita harus memikirkan jauh kedepan mengenai masa depan anak-anak kita jika seandainya perceraian dijadikan sebagai jalan keluar dari sebuah permasalahan dalam hubungan suami-istri. Anak-anak akan menjadi korbannya.

enter image description here

Jika anda memiliki rasa sayang kepada anak-anak anda, anda perlu berkorban untuk itu. Memang tidak semudah kata yang diucapkan, namun pasti bisa dilakukan. Hal ini membuat anda bisa memberikan teladan kelak kepada anak-anak anda bagaimana cara menghadapi sebuah permasalahan dalam hubungan rumah tangga. Selain itu kita juga perlu memberitahukan kepada anak-anak kita agar lebih berhati-hati dalam memilih pasangan hidupnya kelak. Jangan sampai kita harus membayar harganya.

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

0
1 Posts
1 Points
anton306 posted this in Kids and Parenting

Sedapat mungkin hindari perceraian konsultasikan masalah yg ada carikan jalan keluar yg terlebih hancurkan ego masing masing yaitu merasa LEBIH benar dan Lebih baik atau bukan saya yang mulai jika terjadi adanya pihak ketiga itu berarti ada salah satu komunikasi yg salah jangan menilai pasangan kita salah mungkin hal itu terjadi karena ulah kita sendiri dimana kita terlalu merasa "LEBIH" kalau ada perselisihan jangan pernah saling salahkan tapi ingat anak kita adalah buah cinta kasih dan dia yg akan menjadi korban kalau blm mempunyai keturunan jangan saling menyalahkan tetapi konsultasikan ke pakar pokoknya perceraian adalah pilihan terakhir dari sejuta pilihan buruk menyatukan dua perbedaan bukanlah hal mudah kalian bisa lalui itu dengan mengingat hal hal indah yg menyatukan kita (saya sudah merasakan kegagalan rumah tangga yg ada semua sakit dan anak selain sakit kejiwaanya terganggu akan tertanam dalam jiwanya)

Last edited 26 April 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: