Apa Saja Syarat Untuk Menjadi Seorang Entrepreneur Sukses?

4
376 Posts
559 Points
admin posted this in Entrepreneurship By: Yohan Salim

Memiliki sebuah bisnis sendiri adalah dambaan sebagian besar orang...

Apalagi jika bisnis yang dirintisnya tersebut mampu berkembang dan menjelma menjadi sebuah perusahaan multinasional atau internasional, seperti Facebook misalnya. Atau mungkin kita termotivasi oleh salah satu kisah sukses mereka yang berhasil menjadi entrepreneur sukses saat ini, seperti Merry Riana dengan kesuksesan 1 juta dollarnya.

Namun tidak dapat dipungkiri, kenyataan menunjukkan hal yang berbeda. Hanya 10% saja bisnis yang mampu berhasil, sementara 30% bisnis hanya mampu bertahan dan balik modal, sementara sisanya hampir 60% bisnis masih berjuang untuk hidup dan bahkan diujung kebangkrutan karena terus merugi.

enter image description here

Lantas, apakah sebenarnya syarat yang penting untuk diketahui untuk menjadi seorang entrepreneur sukses yang mampu membangun usaha di bidang apapun dan menjadikannya berhasil?

Untuk menjadi berhasil dalam dunia bisnis sebenarnya tidak bergantung pada bidang bisnis yang akan dijalankan, karena sejatinya dalam bidang apapun asalkan kita bisa menjadi yang terbaik, baik itu dalam kualitas produk/layanan, pemasaran, operasional, dan keuangan, maka sebenarnya kesuksesan sudah pasti dapat diraih.

Namun semuanya itu berjalan dalam sebuah proses yang tidak singkat. Jika anda ingin menjadi seorang entrepreneur maka cobalah untuk memeriksa persyaratan berikut ini:

  1. Apakah Anda memiliki hasrat yang besar terhadap bisnis yang akan Anda jalankan?

  2. Apakah Anda memiliki pengetahuan khusus dalam bidang bisnis tersebut?

  3. Apakah Anda mampu memberikan keunggulan yang unik dan nilai lebih dalam bidang bisnis tersebut agar bisa bersaing dengan kompetitor yang ada saat ini?

Pertanyaan-pertanyaan ini adalah semacam check list awal untuk mengetahui seberapa besar peluang anda untuk sukses dalam bisnis yang akan anda jalankan tersebut.

Hasrat yang besar?

Pertanyaan pertama adalah mengenai hasrat anda. Dalam bisnis apapun yang sukses dengan cemerlang, hasrat para entrepreneur yang bekerja dibaliknya memainkan peran yang sangat penting. Jika kita teliti, maka mereka memiliki beberapa persamaan, yaitu sepenuhnya mendedikasikan 100% fokus dan pemikiran mereka pada bisnis tersebut, khususnya pada masa-masa awal yang sangat krusial.

Seringkali pada masa-masa awal sebuah bisnis didirikan, tidak langsung menghasilkan profit atau keuntungan. Bahkan tidak jarang mereka yang merintis sebuah bisnis harus rela bekerja lebih keras dan lebih lama dibandingkan rata-rata orang bekerja. Bahkan mereka harus rela untuk tidak menerima bayaran sama sekali, karena keuangan mereka dikerahkan untuk membuat usaha tersebut berjalan.

Tanpa sebuah hasrat yang besar, maka kebanyakan dari mereka akan putus asa dan tidak mampu menyelesaikan bisnisnya hingga sukses. Memang akan dibutuhkan energi yang sangat besar untuk bisa mengawali sebuah usaha, apalagi jika anda memulai bisnis dengan modal yang terbatas.

Pengetahuan atau strategi khusus?

Hanya memiliki hasrat saja, namun tanpa pengetahuan khusus juga sedikit percuma. Ibaratnya adalah bekerja keras saja belum cukup, anda juga perlu bekerja cerdas. Dalam hal apapun selalu ada rahasia atau pengetahuan khusus untuk sukses. Biasanya mereka yang sudah sukses dalam bisnis tertentu dialah orang yang mengetahui rahasia tersebut.

Hal ini tidak berarti anda harus menyerah ketika anda belum memiliki pengetahuan khusus tersebut. Yang perlu anda lakukan adalah mencari informasi tersebut dari sumber manapun, dan belajar darinya. Pengetahuan khusus ini memang setidaknya berkaitan secara langsung dengan pengalaman dalam menjalankan sebuah bisnis yang sukses. Pengetahuan khusus ini boleh juga dikatakan sebagai sebuah strategi bisnis tertentu yang mana butuh waktu bertahun-tahun untuk memformulasikannya.

Misalnya saja, dalam membangun bisnis kuliner, tidaklah cukup bagi anda yang adalah seorang hobby makan atau seorang chef yang handal untuk bisa berhasil dalam menjalankan sebuah restoran yang sukses. Anda juga membutuhkan pengetahuan khusus misalnya dalam hal mencari lokasi yang tepat, mendekor ruangan agar nyaman bagi pengunjung, menentukan tarif dan penyajian menu, mencari pemasok bahan baku yang baik, merekrut staf dan karyawan yang terbaik,dsb.

Jika anda ingin mendapatkan pengetahuan khusus tersebut dalam waktu yang relatif singkat, maka anda bisa menempuhnya dengan cara bekerja pada perusahaan yang menjadi pemimpin pasar dalam bidang bisnis tersebut selama beberapa tahun untuk bisa mengetahui praktik-praktik dan strategi mereka.

Keunikan dan Nilai Lebih?

Jika anda hanya membuat bisnis yang sudah pernah ada sebelumnya tanpa perbedaan dan nilai tambah apapun, maka itu merupakan salah satu rahasia dan jalan menuju kegagalan sebuah bisnis. Jika anda tidak ada lebihnya atau tidak ada bedanya dengan kompetitor anda saat ini, maka anda akan kesulitan untuk merebut pasar yang ada, karena orang akan cenderung memilih produk atau layanan yang sudah biasa mereka gunakan ketimbang menghadapi resiko mencoba produk atau layanan yang sejenis tapi masih baru.

Keunikan dan perbedaan yang dimaksudkan adalah bukan sekedar pada harga, bentuk, merek, dan perbedaan lainnya yang tidak esensial, namun keunikan anda harus bisa menyentuh hal yang belum bisa dipenuhi oleh para kompetitor anda. Ini adalah salah satu rahasia yang ampuh dalam memulai usaha di bidang apapun. Cobalah untuk mengamati dan mempelajari apa yang menjadi kendala dan kelemahan para customer dari kompetitor anda dan buatlah sebuah solusi melalui bisnis anda yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan cara demikian anda sedang membedakan diri dari kompetitor anda dan memiliki potensi untuk merebut pasar yang tidak puas atau tidak dijangkau oleh para kompetitor tersebut. Akan lebih baik lagi jika metode yang anda gunakan tersebut sulit untuk ditiru oleh orang lain atau lebih efektif dibandingkan produk dan layanan yang sudah ada.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menjadi bahan perenungan dan motivasi bagi anda yang sedang ingin membangun sebuah bisnis dan menjadi seorang entrepreneur yang sukses.

Selamat berjuang !!

Last edited 26 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2 Posts/Answers
2
7 Posts
45 Points
kasandra posted this in Entrepreneurship

Memang benar bahwa jika kita melihat kesuksesan para pengusaha baik di Indonesia maupun luar negeri, maka kita merasa bahwa asalkan memiliki konsep atau ide bisnis dan berani bertindak untuk merealisasikannya, maka kita bisa menjadi salah satu dari pengusaha sukses seperti mereka.

Kita tidak tahu bagaimana perjalanan berat yang harus dilewati oleh para pengusaha dan entrepreneur sukses tersebut sebelum meraih posisi kesuksesannya saat ini. Kita hanya tahu.. enak ya sekarang valuasi perusahaannya sudah beberapa milyar USD... enak ya karyawannya sudah lebih dari 1000 orang... cabang sudah dimana-mana... uang terus mengalir meskipun mereka tidak bekerja lagi... dsb.

Namun dibalik semua kesuksesannya itu mereka sudah berkorban dan berjuang dengan keras siang dan malam semenjak masa-masa awal berdirinya usaha mereka tersebut. Modal kerja keras saja ternyata masih kurang, harus ada pengetahuan khusus dan kemampuan untuk berinovasi. Ini memang menjadi syarat utama untuk menjadi seorang entrepreneur sukses.

Last edited 29 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

2
7 Posts
37 Points
Sylvia Hana posted this in Entrepreneurship

Menurut saya yang terpenting bagi seseorang yang ingin menjadi entrepreneur adalah menguasai dan menyukai bidang usaha yang akan digelutinya dan keberanian untuk mengambil resiko. Hampir sebagian besar entrepreneur sukses selalu menjalankan bisnis sesuai dengan bidang yang diminatinya, misalnya jika kita hobi dengan komputer atau bermain game, maka usahakan bidang bisnis yang kita jalankan berhubungan dengan hal itu.

Jika kita menjalankan bisnis hanya demi uang dan keuntungan maka itu tidak akan membuat kita mampu bertahan melewati masa-masa sulit dalam bisnis yang kita jalankan. Pasti ada rasa frustrasi dan kesulitan-kesulitan tertentu dalam menjalankan bisnis, dan hal itu hanya bisa 'diobati' jika memang apa yang kita jalankan dalam bisnis tersebut adalah sesuatu yang kita sukai, bahkan tanpa dibayarpun kita masih mau melakukannya.

Lihat saja bagaimana passion seorang Bill Gates terhadap software, Steve Jobs terhadap dunia teknologi dan animasi, dan bagaimana mereka tetap bertahan dan menjadi sukses dari bisnisnya yang bergerak di bidang yang sangat diminatinya.

Last edited 08 December 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: