Apa saja peralatan yang diperlukan dalam pembuatan tahu?

2
708 Posts
910 Points

Proses pembuatan tahu sebenarnya tidak terlalu sulit dan lama. Jika anda membaca tulisan lengkap mengenai "cara pembuatan tahu (step by step)" ini maka anda bisa mendapati bahwa hanya diperlukan waktu sekitar 1 jam saja untuk bisa menghasilkan tahu yang siap untuk diolah dan dikonsumsi.

cara membuat tahu

Dari sisi cara dan proses pembuatannya sendiri tidak cukup sulit untuk dipraktekkan sendiri. Sebagai salah satu tahap persiapan dalam proses pembuatan tahu tersebut kita perlu mempersiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan, hal ini akan membantu kita untuk bisa menyelesaikan tahap demi tahap dalam pembuatan tahu dengan lebih cepat dan mudah.

Sebenarnya jika anda hanya ingin mencoba-coba saja dalam membuat tahu, dan bukan untuk produksi dalam jumlah yang banyak, anda tidak perlu mempersiapkan peralatan secara lengkap, cukup dengan menggunakan peralatan yang sudah ada di dapur anda sebagai pengganti peralatan yang akan disebutkan pada bagian berikutnya.

Memang agak sedikit repot dalam mempersiapkan peralatan ini, namun dibanding dengan kepuasan dan manfaat yang bisa didapat dari membuat tahu sendiri ini, maka segala kerepotan tersebut pasti akan terbayar.

Peralatan yang diperlukan untuk membuat tahu

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita memulai untuk membuat tahu tersebut:

  1. Bak atau Drum untuk merendam kedelai.

    Jika anda ingin membuat tahu dalam skala yang cukup banyak, maka penggunaan drum akan lebih efisien dan menghemat waktu karena memiliki kapasitas yang besar. Drum yang bisa digunakan adalah drum bekas oli yang memiliki kapasitas 200 liter. Drum ini juga biasanya mempunyai daya tahan yang lama, sehingga awet bila digunakan untuk produksi tahu selama bertahun-tahun. Drum ini nantinya bisa digunakan untuk mencuci kedelai yang adalah bahan baku utama pembuatan tahu. Jika dalam jumlah besar maka drum akan sanggup untuk menampungnya sekaligus juga dapat dipakai untuk merendam kedelai.

    Namun jika anda hendak membuat tahu sendiri untuk konsumsi pribadi di rumah dalam jumlah kecil, maka anda bisa menggunakan bak, ember, atau baskom yang seadanya untuk merendam dan membilas kedelai tersebut.

  2. Panci atau Drum untuk memasak.

    Selain drum yang digunakan untuk merendam kedelai, maka ada baiknya jika kita menyediakan drum yang lain yang akan digunakan untuk memasak kedelai hasil dari proses penggilingan. Drum biasanya memiliki tingkat keawetan yang lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan panci. Paling tidak diperlukan 2 drum lagi jika anda benar-benar ingin memproduksi tahu dalam skala cukup besar, yaitu drum untuk mengendapkan tahu dan menyimpan air bersih.

    Namun, sekali lagi.. jika anda hanya ingin bereksperimen sendiri untuk rumah tangga, anda cukup menggunakan panci yang sudah tersedia di dapur untuk menggantikan drum yang memang untuk tujuan produksi secara masal.

  3. Blender atau Mesin penggiling kedelai.

    Mesin penggiling kedelai juga diperlukan secara khusus untuk menggiling kedelai dalam jumlah banyak. Mesin ini biasanya menggunakan motor khusus yang ditenagai oleh bahan bakar bensin atau solar. Namun jika anda hanya membuat tahu dalam jumlah sedikit, anda bisa menggunakan blender biasa untuk menggantikan mesin penggiling tersebut.

  4. Kompor atau Tungku bakar.

    Untuk keperluan industri, biasanya digunakan tungku bakar untuk merebus hasil penggilingan kedelai, karena alasan bisa menekan ongkos produksi. Tungku bakar ini menggunakan bahan bakar kayu bakar yang lebih murah dibandingkan minyak tanah ataupun gas. Namun bila anda membuat tahu ini untuk konsumsi pribadi, maka gunakan saja kompor gas atau kompor minyak yang sudah ada di dapur, lebih efisien..

  5. Kain atau Saringan tahu.

    Kain saringan ini diperlukan untuk menyaring bubur tahu yang sudah dimasak untuk diendapkan, dan juga pada waktu proses pencetakan tahu yang terakhir. Kain saringan yang biasanya digunakan dalam industri perajin tahu adalah berukuran 1,8 meter yang bisa digunakan untuk mencetak tahu sebanyak 4 blabak

  6. Blabak atau Cetakan Tahu

    Blabak atau cetakan tahu ini ditempat para perajin tahu biasanya terbuat dari anyaman bambu dengan ukuran 60 x 60 cm dan tepinya terbuat dari kayu dengan ukuran ketinggian 60 cm (yang bisa dilepas). Fungsi dari blabak ini adalah untuk mencetak tahu setelah proses pengendapan sari tahu. Anda juga bisa menggunakan ember plastik persegi yang sebelumnya dilubangi pada bagian bawahnya sebagai pengganti blabak ini.

  7. Ember atau Baskom Plastik Besar

    Ember atau baskom plastik akan digunakan untuk wadah penyimpanan manyon, yaitu air sisa endapan sari kedelai yang dapat digunakan sebagai biang tahu untuk proses pembuatan tahu hari berikutnya. Dalam industri tahu, biasanya mereka menggunakan ember yang berkapasitas 50 liter sebanyak 10 ember. Namun jika anda bukan seseorang yang akan terjun dalam industri tahu ini, maka ember ini tidak diperlukan, karena anda hanya membuat tahu sesekali saja.

  8. Rak Bambu

    Dalam tahap terakhir, yaitu pencetakan, tahu perlu didiamkan beberapa saat. Tahu yang sudah dicetak di dalam blabak bisa diletakkan secara bersusun untuk menghemat tempat, salah satunya adalah dengan menggunakan rak bambu ini. Selain itu rak bambu ini juga bisa digunakan untuk menyimpan tahu sebelum dijual.

Demikianlah kira-kira beberapa peralatan yang diperlukan dalam proses pembuatan tahu, semoga penjelasan ini bisa memberikan gambaran singkat mengenai pemilihan peralatan dan kegunaannya.

Peralatan yang digunakan untuk membuat tempe sedikit banyak berbeda dengan peralatan yang diperlukan untuk membuat tahu. Ada bisa membaca artikel lainnya mengenai cara membuat tempe untuk mengetahui dengan jelas perbedaanya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

PeopleHOPE : Community for Learning and Sharing.

Lets share what people hope to know

Last edited 28 June 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
1
9 Posts
33 Points

Nice info bro..

Ternyata untuk membuat tahu juga perlu peralatan yang cukup banyak juga ya... tapi mungkin kalo kita cuman ingin buat untuk konsumsi pribadi, sepertinya ada beberapa peralatan yang bisa digantikan dengan peralatan dapur yang seadanya. Misalnya mesin penggiling kedelai bisa digantikan dengan blender atau juicer, trus untuk mencetak tahu juga bisa menggunakan baskom yang dialasi dengan kain penyaring tahu.. kalau perlu harus mengorbankan baskom tersebut karena perlu diberi beberapa lubang agar air bisa keluar pada saat proses pencetakan tahu....

Last edited 12 May 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: