Apa Saja Manfaat Mengkonsumsi Buah dan Sayuran?

3
376 Posts
559 Points

Makanan yang berasal dari sayuran dan buah memang sudah lama dikenal memiliki segudang manfaat dan nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Ada banyak alasan dan fakta-fakta yang mendukung mengapa sayur dan buah merupakan makanan sehat yang terbaik bagi manusia. Bahkan banyak orang yang setelah menyadari pentingnya kesehatan dan fakta-fakta tersebut akhirnya rela menjadi seorang vegetarian.


Apakah makan buah dan sayur saja kita sudah cukup kuat?

Kita bisa melihat sendiri contoh dan analoginya pada hewan-hewan vegetarian seperti lembu, kuda, unta, dan gajah. Mereka termasuk hewan-hewan yang kuat, dan bukan hanya itu saja, mereka memiliki kekuatan dan daya tahan tubuh yang lama. Sementara hewan karnivora seperti singa dan harimau memang memiliki kekuatan yang menakjubkan, namun daya tahan tubuhnya tidak lama. Mengapa bisa terjadi demikian? Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi daging justru akan mengurangi persediaan energi karena sistem pencernaan membutuhkan tenaga yang besar untuk mencerna daging tersebut.

enter image description here

Edwin Moses, pemegang medali emas selama 8 tahun untuk cabang lari gawang adalah seorang vegetarian. Tidaklah mungkin seorang pelari yang membutuhkan tenaga dan daya tahan tubuh yang tinggi bisa menjadi juara jika sayur dan buah tidak bisa memberikan energi yang memadai kepada Edwin Moses. Hasil penelitian secara medis juga membuktikan bahwa seorang vegetarian memiliki kekuatan dan ketahanan tubuh 3 kali lebih besar dibandingkan pemakan daging. Selain itu dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, bisa meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel otak melalui zat antioksidan yang terkandung dalam sayur dan buah.

Boleh dikatakan bahwa sayur dan buah adalah ‘vitamin otak’ karena mampu memberikan energi pada otak kita melalui kandungan vitamin yang ada di dalam sayur dan buah, diantaranya: Vitamin B1 dan B5 yang bisa mengurangi depresi atau zat anti stress, Vitamin B3 yang dapat meningkatkan produksi energi, vitamin B12 dapat mencegah kerusakan syaraf dan otak. Vitamin E yang dapat mencegah problem daya ingat yang berhubungan dengan penuaan.

Selain kaya akan nutrisi berupa vitamin, sayur juga kaya akan zat-zat mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Mineral yang ada dalam sayur (seperti seng) bisa memperkuat daya ingat, mineral ini paling banyak terkandung di dalam apel, pear, polong-polongan, buncis, dan jahe. Mineral magnesium baik untuk sirkulasi dan mencegah pengapuran dari sel-sel otak yang terluka, bisa didapatkan dari almond, kacang mete, kacang kedelai, dan ikan-ikan laut. Mineral Lecithin dari minyak kacang kedelai, merupakan sumber chlorine yang baik, sebagai bahan dasar acetylcholine yang adalah neurotransmitter utama bagi proses pemahaman belajar dan daya ingat.

enter image description here

Kandungan protein nabati pada sayur seringkali disepelekan dan dianggap sebagai level yang lebih rendah dibandingkan protein hewani. Namun penelitian telah membuktikan bahwa protein dari kombinasi tumbuh-tumbuhan yang sesuai tidak kalah dengan susu atau protein hewani lainnya. Salah satu contohnya adalah tahu dan tempe, yang terbuat dari bahan nabati kacang kedelai. Tahu dan tempe memiliki segudang manfaat karena sangat kaya akan vitamin dan protein (hampir setara dengan telur, daging, ataupun susu). Silahkan baca artikel mengenai bagaimana cara membuat tahu sendiri di rumah atau bagaimana cara membuat tempe sendiri di rumah.

Penyakit yang bisa dicegah oleh konsumsi buah dan sayuran

  1. Obesitas. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung serat yang tinggi maka kalori yang diserap oleh tubuh menjadi lebih rendah. Sementara jika banyak mengkonsumsi makanan olahan yang rendah serat, penyerapan kalori akan meningkat dalam tubuh, dan sisa kalori yang tidak terpakai oleh tubuh menjadi penyebab obesitas.

  2. Kolesterol buruk atau Trigliserida. Kolesterol yang jahat sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran seperti bawang putih, wortel, gandum, dan beras merah, maka lemak-lemak yang merusak (trigliserida) dalam darah akan menurun.

  3. Penyakit Kolagen. Penyakit ini bisa menyebabkan kekakuan pada kulit hingga mengeras, bahkan bisa merusak sendi-sendi. Penyakit ini bisa dihindari dengan konsumsi buah dan sayuran secara teratur dan menghindari makanan olahan dan daging.

  4. Kanker. Faktor penting yang berhubungan dengan kanker adalah makanan dan rokok. Dengan mengkonsumsi makanan yang kalorinya tinggi, maka seseorang rentan terhadap resiko kanker. Lemak jenuh hewani sangat erat hubungannya dengan resiko kanker usus besar, payudara, prostat, dan ovarium. Selain itu memasak bahan makanan dengan suhu yang tinggi dengan minyak sayur juga bisa menjadi pemicu kanker dalam tubuh manusia.

    Makanan yang dimasak dengan cara diasapi dapat menimbulkan komponen-komponen toksik seperti heterocyclic amines yang dapat merusak sel-sel DNA. Mengkonsumsi daging hewan seperti sapi dan ayam yang diberi makan dengan makanan yang sudah disuntik dengan hormon sintetik juga berbahaya dan menjadi penyebab kanker mulut rahim (cervix)

Bagaimana Sayur-sayuran dan Buah-Buahan dapat melindungi tubuh dari kanker?

Kandungan zat fitokimia dan antioksidan di dalam buah dan sayuran dapat mendetoksifikasi zat-zat karsinogen yang menjadi penyebab kanker. Misalnya sayuran seperti brokoli, sayur hijau (kangkung, bayam), dan bawang Bombay mengandung zat sulforaphane yang menghalangi pertumbuhan kanker pada tahap awal. Padi-padian yang mengandung zat fitokimia Indole-3-carbinol mampu memecahkan hormone-hormon yang merangsang pertumbuhan kanker payudara.

Buah dan sayuran juga mampu menetralisir zat-zat toksik atau radikal bebas dengan vitamin dan mineral yang dikandungnya. Vitamin A mampu memberikan perlindungan terhadap kanker mulut, tenggorokan, paru-paru, kantong kemih, dan mulut rahim. Vitamin A bisa didapatkan dari bahan makanan yang banyak mengandung beta karotene, yaitu pada sayur dan buah yang berwarna kuning dan hijau. Selain itu vitamin C sudah pasti merupakan zat antioksidan yang paling utama, banyak ditemukan pada buah sitrus, strawberry, kiwi, kentang, cabai, dan paprika hijau.

Sayur dan buah juga mengandung vitamin E yang mana dapat melindungi membran sel dan menghancurkan antioksidan. Vitamin E ini terutama bisa didapatkan dalam konsentrasi tinggi pada minyak biji-bijian dan kacang-kacangan. Dalam hal ini vitamin E juga membutuhkan dukungan dari vitamin C yang mampu mengembalikan vitamin E yang sudah teroksidasi oleh radikal bebas.

Melihat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah dan sayuran ini, maka sudah selayaknya kita mengubah pola makan kita dengan lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Lebih baik lagi jika pola makan yang sehat ini diterapkan mulai dari sejak kecil pada anak-anak kita. Silahkan lihat juga artikel tentang bagaimana cara membuat supaya anak-anak kita suka makan sayur dan buah.

Last edited 27 March 2014


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

1 Posts/Answers
2
23 Posts
91 Points
heryadi posted this in Tips-tips Kesehatan

Dulu bayangan saya menjadi seorang vegetarian itu terlalu ekstrim, karena mungkin karena masalah agama dan keyakinan saja. Tapi setelah menelaah manfaat dan kandungan gizi dari sayur-sayuran serta anatomi tubuh manusia, saya baru bisa memahami bahwa memang sayur dan buah itu yang terbaik untuk konsumsi manusia.

Manusia jaman sekarang ini memang sudah jarang yang memperdulikan kesehatan. Yang penting bagi mereka hanyalah kenikmatan makanan yang disantapnya tanpa memperdulikan efek dan dampaknya bagi kesehatan tubuhnya. Padahal jika boleh jujur, makanan yang lezat itu hanya bisa dirasakan sebatas mulut dan tenggorokan saja, selebihnya itu sudah tidak ada rasanya dan bedanya dengan makanan yang lain. Tapi inilah kenyataannya. Bahkan saya sendiri merasa rugi bila selama hidup ini kita tidak makan makanan yang lezat, termasuk daging dan penyedap makanan.

Jujur saja, berat rasanya untuk benar-benar memulai hidup sehat dengan pola makan yang sehat, karena sudah menjadi kebiasaan. Namun jika kita peduli kesehatan, maka itu harus diperjuangkan !!

Last edited 07 February 2015


comments
No Comment on this Post yet..

Please Log In to Comment..

sticky
Untuk memberikan Tanggapan/Jawaban, silahkan LOGIN terlebih dahulu.

LOGIN

sticky
Jika anda belum menjadi member, silahkan melakukan REGISTRASI.

REGISTRASI

sticky
Dengan menjadi anggota komunitas PeopleHOPE anda bisa memecahkan permasalahan dan belajar bersama-sama..
Atau Login Dengan Social Account: