Google berulang tahun yang ke-15 pada tanggal 27 September 2013

Apa jadinya dunia ini tanpa Internet?? kita mungkin jarang mempertanyakan hal ini, atau tidak pernah membayangkan seandainya hal ini terjadi. Dunia tanpa internet?? maka yang jelas adalah informasi tidak bisa diakses dengan mudah dan cepat. Namun masih ada satu pertanyaan lagi..

Apa jadinya Internet tanpa Google??

Yahh.. milyaran informasi yang ada di dunia maya menjadi kurang berarti tanpa adanya mesin pencari yang bisa memberikan informasi yang tepat dan relevan. Ini adalah fungsi dari Google yang paling dasar, namun justru inilah yang terpenting. Tidak semua orang menyadari hal ini, fungsi search engine (mesin pencari) begitu vital bagi para pengguna Internet.

Meski sekilas terlihat sederhana, namun ada sebuah kerumitan yang sangat luar biasa dibalik algoritma pencarian yang digunakan oleh Google dan terus dikembangkan hingga saat ini. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, yang kala itu masih kuliah ilmu komputer di Universitas Stanford.

Memang sampai sekarang ini Google masih tetap mempertahankan aspek kesederhanaan dalam tampilan search enginenya, karena memang yang paling diutamakan adalah kecepatan dan keakuratan hasil yang diberikan oleh Google.

enter image description here

Gambar: Tampilan homepage Google yang tetap sederhana, namun lebih canggih dan memiliki lebih banyak fitur

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bagaimana tampilan Google 15 tahun yang lalu? yaitu pada tahun 1998. Jika Anda penasaran anda dapat mencoba melihatnya sendiri dengan mengetikkan kata kunci pencarian 'google in 1998', maka dalam sekejab Anda akan mendapatkan tampilan Google Search kala dirilis pada tahun 1998


Tidak hanya berhenti disitu saja, Google bahkan terus mendominasi layanan yang ada di Internet saat ini. Dimulai dari mengembangkan search engine (mesin pencari), kemudian menyediakan layanan email (melalui Gmail), layanan video streaming (membeli Youtube), mengembangkan sistem operasi Android, mengembangkan web browser Chrome, hingga tidak mau kalah dengan Facebook dalam ranah jejaring sosial (melalui Google+).

Google memang baru berusia 15 tahun, namun peran dan pengaruhnya terhadap dunia sudah tidak dapat diragukan lagi. Milyaran orang diseluruh dunia mengakses Google search setiap harinya, browser Google Chrome sudah menjadi aplikasi web browser yang paling banyak digunakan di dunia saat ini (mengalahkan Firefox dan Internet Explorer), bahkan sistem operasi Android yang sudah berhasil menguasai hampir 70% pangsa pasar smartphone dan tablet dunia.

Sungguh sebuah prestasi yang luar biasa.. hanya dalam usia 15 tahun Google berhasil menjadi perusahaan raksasa dan nomor satu dalam industri Internet dan teknologinya. Berikut ini beberapa tanggal-tanggal penting perjalanan Google yang telah berevolusi selama 15 tahun ini:

Tanggal 27 September 1998:

Nama domain "Google.com" telah resmi didaftarkan, sebuah mesin pencari (search engine) resmi diluncurkan (meski masih dalam status beta).

Tanggal 9 Mei 2000:

Search Engine Google sudah tersedia dalam 10 bahasa yang baru, yaitu: Bahasa Jerman, Denmark, Spanyol, Finlandia, Perancis, Italy, Belanda, Norwegia, Portugal, dan Swedia.

Tanggal 26 Juni 2000:

Google berhasil mengumpulkan dan mendata 1 milyar halaman web di seluruh dunia. Sebuah pencapaian yang luar biasa di usianya yang baru menginjak 2 tahun.

Tanggal 1 April 2004:

Layanan Email Google yang bernama Gmail pertama kali diluncurkan dalam versi beta, yang menawarkan kapasitas penyimpanan email gratis sebesar 1GB.

Tanggal 8 Februari 2005:

Layanan Google Maps untuk pertama kalinya di launching oleh Google, yang pada saat itu masih ekslusif untuk wilayah Amerika, Kanada, dan Inggris Raya.

Tanggal 13 November 2006:

Google membeli layanan video streaming YouTube dengan nilai akuisisi sebesar $1.6 miliar.

Tanggal 25 Mei 2007:

Fitur Street View ditambahkan pada layanan Google Maps, yang membuat penggunanya dapat menjelajahi kota tertentu secara detail.

Tanggal 5 November 2007:

Google mengumumkan Sistem Operasi Android, yang akan digunakan pada smartphone dan tablet, untuk bersaing dengan sistem operasi iOS, Symbian, dan Windows Mobile.

Tanggal 1 September 2008:

Google memperkenalkan Chrome sebagai web browser baru yang saat ini menjadi browser paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Tanggal 7 Juli 2009:

Sistem Operasi Chrome yang berbasis Linux diperkenalkan ke publik.

Tanggal 5 Januari 2010:

Smartphone Nexus One, menjadi ponsel pertama besutan Google yang diproduksi oleh HTC.

Tanggal 15 Juni 2011:

Google pertama kali memperkenalkan Chromebook, sebagai notebook pertama yang menjalankan sistem operasi Chrome, dan diproduksi oleh Samsung.

Tanggal 28 Juni 2011:

Google+ pertama kali dilaunching, sebagai senjata Google untuk bersaing dengan Facebook dalam situs jejaring sosial.

Tanggal 5 April 2012:

Sergey Brin memperkenalkan prototipe Google Glass sebagai perangkat kacamata pintar yang menggunakan sistem operasi Android.

Last edited 18 December 2017