Berat tubuh yang ideal sesungguhnya sangatlah diharapkan oleh setiap insan, khususnya kaum wanita yang mendambakan keindahan bentuk tubuh.

Beberapa orang pernah konseling dengan penulis, kasusnya adalah orang tersebut telah mencoba untuk melangsingkan berat tubuhnya dengan pasang susuk ke dokter akupuntur, awalnya nafsu makan berkurang hanya dengan menekan daun telinga setiap ingin makan. Namun pada akhirnya tidak tahan lagi untuk melakukannya disebabkan ribet dan justru membuat stress dan malah makan banyak. Lalu, kalau hal ini terjadi siapa yang bertanggung-jawab dan siapa pula yang perlu disalahkan. Jawaban yang muncul tentu beragam, tergantung siapa yang menanggapinya.


Nah, jawaban yang bijak adalah bagaimana solusinya agar tubuh tetap langsing dan bisa dijaga agar tetap langsing selamanya. Itulah sebenarnya pokok masalahnya, bukan mencari hitamnya kambing eh..... keliru........siapa biang keroknya. Toh hasilnya tubuhku masih gemuk nich, terus gimana caranya tubuhku agar langsing kembali dan tetap langsing tanpa diet khusus segala.

Banyak tuch yang memberi saran agar tubuhku jadi langsing, mulai dari diet makan, terapi minum herbal sampai pada diet total, toh, hasilnya tubuhku tetap aja tambun.

Ada cara tepat untuk menjaga tubuh tetap langsing, adalah:

Pertama, Lakukan aktivitas anda tanpa tertekan, karena tekanan membuat hormon dalam tubuh jadi tidak seimbang dan menuntut anda untuk makan dan makan sebanyak-banyaknya.

Bila hari ini anda gagal diet kalori karena makan banyak, maka esok hari anda sebaiknya mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh anda. Jangan pernah mempersalahkan diri karena makan banyak, santailah, karena saat itu tubuh anda memang membutuhkan makanan tersebut.

Ada teman saya yang dilarang dokter makan coklat, tapi pada saat itu dia sangat pingin menikmati coklat. Lalu dia bertanya pada saya, gimana caranya makan coklat tanpa menambah berat badan. Dengan tersenyum saya bawakan dia coklat lalu saya katakan bahwa tubuhmu membutuhkan coklat, jadi makanlah sepuasmu hari ini.

Esok harinya saya tanyakan apa masih mau makan coklat lagi, jawabannya sangat mengagetkan saya, ternyata dia hanya makan dua potong kecil saja. Saya tanyakan kenapa 8 potong kecil tidak dihabiskan semua. Jawabnya adalah tadinya mau dihabiskan semua seperti orang mau buka puasa, tapi setelah dicicipi sepotong coklat lalu potongan kedua, udah puas karena ada rasa nek dimulutnya.

Ini merupakan sebuah bukti nyata, semakin dilarang merokok maka seseorang makin kuat hasratnya untuk merokok. Begitu pula bila kita menjalani puasa, tadinya tidak berhasrat minum es campur yang sarat dengan kalori gula, ketika berpuasa justru tergoda untuk menikmatinya.

Setiap orang butuh pemenuhan kebutuhan, yang penting jangan berlebihan saja. Maksudnya kalau mau makan es campur, atau makan durian, atau buah kaleng, atau manisan buah, atau apapun juga, berarti tubuh kita membutuhkannya, nikmatilah asal tidak berlebihan. Janganlah merasa tertekan sehingga takut menikmati makanan tersebut. Percayalah sang Pencipta tahu bahwa kita masih perlu banyak belajar dalam menghadapi Kehidupan ini.

Jauhkan diri dari rasa stress karena banyaknya larangan, tidak boleh makan ini dan itu. Milikilah kesadaran diri yang penuh, boleh makan apa saja asal tidak berlebihan, niscaya anda akan hidup seribu tahun lebih nyaman. Inilah hal yang gagal dilakukan para penasihat kita selama ini, dipikirnya manusia ini seperti robot yang tidak punya kehendak. Yang penting adalah jagalah kehendak bebas kita dengan penuh tanggung-jawab, boleh makan asal tidak berlebih, toh akhirnya dibuang ke belakang, setuju khan.

Kedua, Milikilah pengetahuan tentang apa yang dibutuhkan tubuh kita. Di jaman modern seperti sekarang ini, makanan dan minuman yang disodorkan pada kita sangat variatif dan menarik. Mulai dijual di pinggir jalan, Mall-mall besar, dari yang harga murah hingga harga jutaan rupiah. Tergantung apa selera kita, mau pedas, asam, manis semua ada. Yang jelas, semua enak dan semua mampu kita beli.

Lantas......apa semua dibutuhkan oleh tubuh kita ?.

Jawabannya adalah tergantung makanan dan minuman yang kita pilih. Pilihlah makanan yang tidak terlalu manis, dan yang tidak terlalu asam atau tidak terlalu pedas. Makanlah makanan yang mengandung rendah kalori, misalnya beras merah, singkong ungu, kurangilah daging yang merah seperti sapi atau babi, hindarilah makanan yang padat gula seperti enting-enting kacang.

Ayam kampung, ikan laut sangat disarankan karena sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Sari laut seperti kerang darah, cumi, kepiting biasa padat kholestrol, kita sepakat untuk mengurangi kalau bisa. Tubuh kita butuh protein nabati, misalnya dari tahu, tempe, sari kedelai. Juga butuh vitamin, misalnya buah apel, tomat, pepaya, jeruk potong, manggis dan sayur-mayur yang sehat.

Ketiga, Atur jadwal makan dengan Tepat.

Makan yang sehat itu penting buat kebutuhan tubuh kita, perlu diperhatikan juga mengenai jadwal waktu makan. Pengalaman banyak orang menyatakan, bagi orang berkebutuhan khusus misalnya ingin tetap langsing maka perlu mengatur jadwal makan 2 kali saja dalam sehari. Tidak perlu merasa menderita kelaparan sebab yang penting tetap sehat meskipun makan 2 kali sehari saja.

Mulailah atur jadwal makan pada malam hari, terserah waktunya sesuaikan dengan jam makan malam selama ini. Misalkan mulailah makan malam jam 20.00 atau jam 21.00. Apa menu yang perlu dimakan telah duraikan diatas, untuk sementara hindari makan daging berwarna merah (pantang makan daging sapi atau babi dulu buat sementara waktu, untuk mengetahui seberapa besar dampak buat tubuh anda selama 6 hari saja)

Makanlah nasi sepuas anda, tambahkan lauk apa saja plus sayuran apa saja sekenyangnya, jangan pikirkan kalau makan banyak bakal gemuk. Itu hanya perasaan anda saja, makan malam sekenyang mungkin hingga mulut tak lagi ingin makan. Ini penting, agar setelah makan jangan makan camilan apapun lagi, kecuali buah apel atau apa saja yang berserat tinggi, bengkuang misalnya.

Camilan makan seperti bakpao, roti, es krim bila di akumulasi akan jadi banyak di perut kita. Orang sering makan camilan biasanya makannya kurang kenyang karena takut makan banyak jadi gemuk. Justru harus makan kenyang asal jangan minum yang sarat gula dan ada kandungan sapi itu saja syaratnya. Sekali lagi makan sepuasnya, sampai kenyang betul.

Hal utama agar tidak tergoda makan camilan usai makan malam adalah bersihkan gigi anda. Biasanya setelah sikat gigi, kita malas makan camilan lagi karena nantinya malas sikat gigi lagi. Ini sangat penting buat menjaga jumlah besar kalori masuk kedalam tubuh melalui camilan tersebut.

Tidak jarang kita temui ada banyak orang diet kencang, tapi tetap saja gemuk karena kalori yang masuk melalui camilan makan lebih banyak dibandingkan dengan nasi yang dikonsumsinya.

Esok harinya, sekitar pukul 9.00 hingga pikul 12.00 biasanya perut terasa panas, itu pertanda lapar karena energi makanan yang ada dalam perut dibakar oleh tubuh untuk diubah menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Kebiasaan lama kita selalu mengisi perut kita makan pagi dengan alasan klasik tubuh butuh sarapan pagi agar tetap sehat.

Bagi orang yang berkebutuhan khusus untuk menjadi langsing, sebaiknya disaat pagi sebaiknya jangan diisi dengan makanan lagi, namun isilah dengan minum air putih. Dengan harapan kalori makanan yang kita santap malam hari, bisa digunakan esok pagi hingga siang hari.

Kapan lagi kita memberikan kesempatan tubuh kita membakar kalori yang menumpuk di perut kita. Lemak makanan biasa disimpan di perut kita tepatnya didalam jaringan kulit dimana saja. Pada kasus khusus, orang yang menderita sakit lambung, sering dihantui takut puasa pagi karena bisa kumat lagi. Berdasarkan riset banyak ahli di negeri Tirai Bambu, justru puasa pagi menimbulkan enzim yang menetralisir asam lambung dalam tubuh.

Hal ini bisa kita amati dan pelajari dari sejarah tokoh agama apapun, tidak pernah berhenti puasa sepanjang hidup namun toh mereka tidak pernah sakit lambung gara-gara puasa. Percayalah asal malam hari ada makan cukup kenyang, esok hari masih ada cadangan makanan dalam tubuh kita, biasanya kalori tersebut dibakar oleh tubuh untuk diubah jadi energi lain pada pagi hingga siang hari.

Kalau kita puasa pada pagi hingga siang hari tersebut maka otomatis tubuh kita akan membakar lemak dalam tubuh kita. Buat pemula boleh diberi minum segelas air pada pukul 9.00 lalu minum segelas air lagi pada pukul 11.00 bila diperlukan. Awalnya memang perut kita terasa panas, dan biasanya itu tanda lapar, minum air akan menghilangkan rasa panas pada perut. Usahakan bertahan hingga pukul 13.00 atau lebih, agar memberikan kesempatan tubuh membakar lemak dalam tubuh sehingga tubuh jadi langsing. Biasanya setiap kita minum air putih selalu diikuti kegiatan buang air besar, ini sangat baik, untuk membuang racun dalam tubuh berupa metabolisme sehari-hari, begitu kata pakar gizi mengemukakan.

Selanjutnya, pukul 12.00 ke atas maka makan kali pertama kita lakukan, porsinya tetap seperti waktu malam hari kita makan. Yaitu makan sekenyangnya sehingga tidak tergoda makan camilan lain lagi, kecuali makan buah atau salad bisa disetujui.

Pada saat makan malam, mulailah pukul 19.00 hingga pukul 21.00, seperti makan siang tadi maka pada malam hari anda boleh makan sekenyangnya tapi hindari yang daging merah seperti sapi dan minuman yang sarat gula.

Kesimpulannya, bila anda ingin memiliki tubuh yang tetap langsing, maka yang perlu dilakukan adalah:

Hiduplah tanpa tertekan oleh apapun juga baik oleh pekerjaan di rumah, kantor, atau manapun juga agar pikiran tidak stress lalu melampiaskan diri dengan makan banyak tanpa terkendali.

Awasi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita, jangan makan daging merah seperti daging sapi atau babi. Protein hewani bisa daging sapi atau babi, bisa diganti dengan protein nabati dari tahu, tempe, maupun sari kedelai.

Terakhir, usahakan untuk mengatur jadwal makan dengan tepat, usahakan puasa hingga pukul 12,00 saja tapi dengan minum air putih.

Selamat menjalani Hidup sehat, Kalau ingin Hasil Yang Beda, maka Lakukan Sesuatu Yang Beda juga. Miliki Tubuh yang Tetap Langsing agar tampil lebih Berani dan anggun.